Sebelum Memberlakukan ‘New Normal’ di Juli, Pemda DIY Persiapkan Lima Hal ini

PEMDA DIY sedang mempersiapkan penyusunan protokol Standar Operasional Prosedur (SOP) menuju era ‘New Normal’ di masa pandemi Covid-19 yang bakal dilaksanakan Juli 2020 mendatang. Meskipun akan diberlakukan ‘New Normal’ di DIY maka patokannya tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, Pemda DIY akan melakukan tiga hal ini guna mempersiapkannya :

Undang Pakar Epidemologi dan Kesehatan

Sekda DIY Kardarmanta Baskara Aji mengatakan Gubernur DIY mengundang beberapa pakar epidemologi dan kesehatan guna berdikusi menghadapi ide tentang era ‘New Normal’ di DIY. Hal ini dilatarbelakangi utamanya pemerintah sudah tidak mungkin lagi menuntup akses ekonomi berkepanjangan selama pandemi Covid-19.

“Kita tidak mungkin terlalu lama menutup akses ekonomi terlalu lama karena masyarakat sudah jenuh secara sosial, psikologis dan ekonomi yang harus bertahan hidup. Oleh karena itu, kita sedang menghitung betul kapan akses ekonomi di DIY itu bisa kita buka contohnya pusat perbelanjaan, destinasi wisata, hotel dan sebagainya,” papar Aji di Bangsal Kepatihan, Jumat (22/5).

Terapkan Protokol Kesehatan

Aji mengungkapkan Pemda DIY sendiri sebetulnya tidak pernah menyatakan akses ekonomi ditutup contohnya destinasi wisata dan hotel. Namun jika suatu saat pengunjung datang ke DIY maka perlu dipikirkan segala sesuatunya yang harus dipersiapkan dengan matang. Semisal penerapan protokol kesehatan di tempat wisata, pembatasan jumlah pengujung atau tamu yang dirasionalkan dengan kapasitas tempatnya, jaga jarak fisik, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan sebagainya.

“Intinya kita mulai harus persiapan pelaksanaan aktivitas sehari-hari dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan berkaitan dengan Covid-19. Para ahli epidemologi dan para dokter telah menyampaikan Covid-19 tidak akan pernah hilang sama sekali maka kami harus siapkan protokol SOP New Normal mulai minggu depan atau paska Lebaran,” ungkap Aji.

BERITA REKOMENDASI