Sebelum Naik KA di Stasiun Tugu, Penumpang Harus ‘Ditembak’

YOGYA, KRJOGJA.com – Penyebaran infeksi Virus Corona (COVID-19) dinilai tak berbahaya dibandingkan SARS atau MERS. Namun, kewaspadaan tetap dikedepankan untuk mencegah peluang penyebaran virus yang pertama ditemukan di Wuhan Cina tersebut.

Salah satu langkah dilakukan PT KAI Daop 6 Yogyakarta dengan menyiagakan petugas kesehatan di pintu masuk Stasiun Tugu Yogyakarta. Seperti terpantau, Jumat (6/3/2020), petugas pengecekan boarding pass punya tugas tambahan ‘menembak’ penumpang di bagian dahi.

Menggunakan thermo gun, petugas pengecekan memastikan suhu tubuh penumpang dalam kondisi normal. “Suhunya 34,7 pak, normal,” ungkap Astono salah satu petugas boarding pass Stasiun Tugu sisi timur pada penumpang yang baru saja masuk.

BACA JUGA :

Pemkot Siap Tangkal Berita Hoax Corona

Dampak Berita Virus Corona Okupansi Hotel di Banyumas Menurun

Bila suhu tubuh tak normal atau penumpang merasa tak enak badan, KAI juga menyediakan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter berpengalaman. “Dokter ini bisa melakukan pemeriksaan, dan memberikan obat juga vitamin pada penumpang apabila dibutuhkan,” imbuh Eko Budiyanto, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta saat ditemui di Stasiun Tugu.

Eko mengungkap kewaspadaan terhadap Virus Corona tetap dilakukan meski DIY sampai saat ini dinyatakan aman belum ada warga terdampak positif. “Ini upaya kewaspadaan kami agar penumpang aman dan nyaman. Selama ini kereta lebih ke penumpang domestik jadi relatif lebih aman, namun kami tetap pasang kewaspadaan,” tandas dia.

Di Stasiun Yogyakarta sendiri, selain thermo gun dan pemeriksaan tenaga kesehatan disediakan pula hand sanitizer untuk seluruh penumpang di dekat pintu boarding. Selain itu petugas kebersihan stasiun juga dioptimalkan untuk menjaga kebersihan tempat-tempat yang kerap diakses penumpang seperti kursi, pegangan kereta hingga bagian-bagian yang rentan disentuh manusia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI