Sebelum Pilih Kos, Hal ini yang Diperhatikan Mahasiswa

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang semester baru perkuliahan seperti saat ini, permintaan kamar kost meningkat. Berbagai kriteria menjadi pertimbangan calon mahasiswa baru yang akan menimba ilmu di Yogyakarta. Apalagi Yogyakarta memiliki kost putri, kost putra, kost campur, kost ekslusif (kost bebas) hingga kost pasutri. 

Menurut pengalaman beberapa mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogyakarta, salah satunya Rossy Fatmala (21) mengatakan, ketika memilih kost, yang dia utamakan adalah soal harga dan kebersihan. "Yang murah dulu, kalau dapat kamar mandi dalam ya syukur. Tapi kalau luar juga enggak masalah, yang penting kostnya itu bersih," katanya saat dihubungi. Kamis (25/07/19).

Mayla Aspiya (22) Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakatra juga mengatakan, memilih kost itu harus yang aman. Aman bagi diri sendiri dan juga penghuni kost lainnya. "Syarat mutlak pertama adalah harus aman dari kasus pencurian maupun pelecehan seksual. Karena sudah banyak kejadian, orang jahat bisa masuk ke kamar kos," ungkapnya.

Aditya Artha (24) Mahasiswa Yogya mencari kost yang tidak memiliki jam malam. Dimana siapapun bisa masuk soal harga mahal tidak menjadi masalah. "Cari kost yang cewek-cowok kalau main bisa masuk. Soalnya kalau main atau kerja kelompok diluar kadang bosen juga. Masalah harga tidak masalah," ucapnya.

Sementara bagi Ridho Faisal (21) Mahasiswa sementer akhir di Yogyakarta, memilih mengontrak dibandingkan tinggal di kost dengan alasan lebih murah dan lingkungan yang aman. "Jangan berpikir ngontrak lebih bebas yah. Ngontrak itu lebih murah karena bisa patungan. Lebih bersih karena kami sama-sama merawat. Bebas sih, tapi tetep eling (sadar) aja di depan kontrakan kami ada masjid pula. Jadi jangan disalah gunaka," pungkasnya.  (Ive). 

BERITA REKOMENDASI