Sejumlah Warga Kembalikan KMS

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Hingga pertengahan tahun ini sejumlah warga diketahui mengembalikan Kartu Menuju Sejahtera (KMS) 2019 yang sempat diterimanya. Langkah tersebut dilakukan karena warga merasa mampu sehingga tidak berhak atas program perlindungan jaminan sosial.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Agus Sudrajat pun mengapresiasi kemandirian warga tersebut. Menurutnya sudah ada empat warga yang mengembalikan kepemilikan KMS. “Seluruhnya warga dari Kelurahan Cokrodiningratan. Mereka juga mengembalikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH). Kami sangat mengapresiasi karena ini merupakan bentuk kejujuran karena kesejahteraan sudah meningkat,” jelasnya.

Langkah yang dilakukan oleh warga tersebut harapannya bisa diikuti oleh warga lain. Terutama bagi yang merasa derajat kesejahteraannya sudah meningkat sehingga bantuan dari pemerintah bisa semakin tepat.

Kendati demikian, pihaknya juga tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi warga yang masih dalam garis kemiskinan. Harapannya, program penanggulangan berupa pemberdayaan yang dilakukan pemerintah mampu mengentaskannya dari kemiskinan serta tidak kembali masuk dalam keluarga miskin.

“Tahun ini pemegang KMS hanya ada dua kategori yakni rentan miskin dan miskin. Harapannya yang rentan miskin bisa naik menjadi sejahtera dan tidak lagi masuk dalam sasaran perlindungan sosial,” tandas Agus.

Sementara untuk calon pemegang KMS 2020, saat ini sudah masuk dalam proses pendataan. Ditargetkan pada September atau Oktober mendatang, sejumlah nama yang sudah diusulkan bisa diuji publik tahap kedua. Dalam uji publik tahap kedua, masyarakat bisa menyampaikan masukan terhadap calon pemegang KMS tersebut.

Sedangkan program penanggulangan kemiskinan tahun ini ditargetkan mampu menurunkan hingga 0,7 persen. Tahun lalu angka kemiskinan berhasil turun 0,66 persen dari 7,64 persen menjadi 6,98 persen. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI