Sekarang Akses Materi Pelajaran Tidak Hanya Via Buku

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Program Literasi untuk membudayakan membaca bagi siswa tidak harus berupa buku secara fisik. Bahan bacaan bisa dari dunia maya, kemudian ditayangkan di layar, sehingga bisa dibaca bersama-sama.

"Kami sedang menyiapkan e-book yang bisa dibaca siswa lewat HP atau ditayangkan di layar di depan kelas," terang anggota Dewan Pakar Komite Rekonstruksi Pendidikan DIY Ki Sutikno kepada KR

di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan (IP) Tamansiswa Yogyakarta, Senin (8/8).

Menurutnya keliru kalau sekolah melarang siswa menggunakan HP. Mendidik itu jangan banyak melarang, kalau siswa menggunakan HP tinggal diarahkan termasuk untuk mengakses pelajaran. Dengan HP itu siswa bisa mengakses e-book yang isinya bahan pelajaran.

Senada dengan itu, Kepala SD Taman Muda IP Yogyakarta Anastasia Riatriari MPd, membaca tidak harus buku secara fisik, tetapi juga lewat tayangan yang ada di dunia maya. Soal siswa membawa HP di sekolah, tinggal diarahkan agar alat komunikasinya itu digunakan untuk kepentingan positif. Seperti mengakses bahan ajar dan sebagainya.

Menurut Anastasia, sekolah memang mendapat bantuan dari pemerintah berupa dana BOS, tetapi akan lebih hemat lagi kalau menggunakan teknologi informasi. Guru dan siswa beserta teman-temannya bisa mengakses untuk keperluan pendidikannya. (War)

BERITA REKOMENDASI