Sekaten Angkat Pertumbuhan Ekonomi Yogyakarta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekaten memiliki daya ungkit yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Yogyakarta. Pasalnya, Sekaten yang sudah diagendakan rutin tiap tahun menyedot antusiasme pengunjung ya luar biasa.

“Dampak ekonomi jelas dan sangat terasa. Aktivitas perekonomian tumbuh menggembirakan dari proses jualan barang dan jasa. Momentum ini sangat tepat bagi OPD pemerintah, swasta maupun masyarakat yang ingin berinvestasi,” tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY, Ir Aris Riyanta.

Dijelaskan lebih lanjut, Sekaten juga mampu mengakomodir seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi. Ajang ini juga memberikan dampak positif bagi siapapun yang turut terlibat di dalamnya.

“Dampak wisatanya jelas, bagi wisatawan domestik lokal dan nasional sangat menggembirakan,” sambung Aris.

Konsep Sekaten yang sudah dilakukan saat ini menurutnya juga perlu dipertahankan karena sudah sangat memasyarakat. Dan memang, hiburan dan tontonan yang cenderung tanpa biaya akan mampu menyedot banyak pengunjung.

“Jangan sampai pengunjung dibebani retribusi. Karena mereka sudah mengeluarkan untuk kendaraan. Dengan begitu uang yang dimiliki bisa dibelanjakan untuk hal yang substansi sesuai kebutuhan,” sebut Aris.

Pihaknya juga mengapresiasi dari waktu ke waktu gelaran Sekaten kian mampu memenuhi sebagian besar harapan pengunjung. Akan tetapi jangan sampai hal tersebut justru membuat terlena sehingga kepuasan pengunjung, khususnya masyarakat Yogya maupun wisatawan dapat terpenuhi. (Feb)

BERITA REKOMENDASI