Sekber Keistimewaan DIY Kerahkan 10 Ribu Warga

YOGYA (KRjogja.com) – Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan DIY mengaku telah siap mengerahkan 10.000 warga DIY untuk menghadiri open house Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (24/8). Kehadiran puluhan ribu warga tersebut diharapkan menunjukkan satu komitmen dan dukungan terhadap keistimewaan DIY.

Koordinator Sekber Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra mengaku sudah mendapatkan konfirmasi, seluruh elemen pendukung Keistimewaan DIY yang siap hadir dalam acara tersebut.

"Meski hanya dibatasi selama tiga jam, tapi sekitar 10 ribu warga siap hadir di Pagelaran. Semua jaringan pro penetapan dari kabupaten kota juga kita mobilisasi untuk hadir," ujarnya Kamis (23/8).

Kendati demikian, Widihasto tidak menyiapkan agenda khusus dalam moment open house kali ini. "Masyarakat hanya di arahkan untuk berhahal bi halal berjabat tangan dengan Sultan, GKR Hemas dan Sri Paduka Paku Alam IX," katanya.

Acara open house tahun ini, lanjutnya, juga dikemas lebih sederhana dari tahun sebelumnya. Tidak ada penandatanganan ikrar seperti tahun lalu yang bertepatan dengan peringatan Maklumat 5 September bergabungnya Yogyakarta dengan NKRI.

"Tahun lalu, kegiatan open house dijadikan sebagai momentum untuk kembali mendeklarasikan dukungan terhadap keistimewaan DIY oleh masyarakat. Tetapi untuk kali ini memang tidak ada agenda khusus soal itu. Hanya bersalaman saja dengan Sultan," imbuhnya. (Aie)

BERITA REKOMENDASI