Sekda DIY Apresiasi Pekan Pendidikan Jogja

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Drs R Kadarmanta Baskara Aji memberikan apresiasi positif terhadap digelarnya Pekan Pendidikan Jogja (PPJ) ke-4 yang diselenggarakan 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud yang ada di DIY. Baskara Aji pun menyatakan kesediaanya untuk membuka kegiatan ini pada 2 Mei mendatang di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya.

Hal tersebut disampaikan Baskara Aji saat menerima audiensi panitia PPJ ke-4 yang dipimpin Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr Sarjilah MPd selaku penanggung jawab di Kantor Pemda DIY, Rabu (28/04/2021). Sarjilah didampingi Plt Kepala PPPPTK Matematika Nunik Sukeksi MPd, Kepala Balai Bahasa DIY Imam Budi Utomo MHum, Kabag TU BBPPMPV Seni dan Budaya Masrukhan Budiyanto MM serta Ambar Wahyu Astuti MPd dari kesekretariatan panitia.

Audiensi diawali dengan laporan persiapan kegiatan PPJ oleh Sarjilah. PPJ akan dilaksanakan pada 2 hingga 8 Mei bertempat di masing-masing UPT dengan tema ‘Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar’.

Sekda DIY berterima kasih karena UPT Kemendikbud di DIY yang melestarikan PPJ. Menurutnya, acara ini perlu dilesatarikan dan didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, sehingga terjalin kerjasama yang baik antarinstansi pendidikan di DIY, meskipun tidak selalu formal. Acara ‘Nyekar atau ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara perlu diagendakan dalam kegiatan ini dengan melakukan dialog antara UPT selaku panitia dengan keluarga Ki Hajar Dewantara.

Adapun bentuk kegiatan PPJ meliputi, Webinar, Talk show, Sosialisasi Kemah Budaya, Jelajah Dunia Usaha dan Dunia Industri, pemutaran Film-film Pendek, Pameran dan Pementasan baik yang dilakukan secara daring maupun luring serta Ziarah Tabur Bunga ke Makam Ki Hajar Dewantara.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di BBPPMPV Seni dan Budaya dimeriahkan pertunjukan Wayang Climen ‘Wedaring Ngilmu Maya’ oleh Ki Purwadi dan Ki Sri Mulyono dengan bintang tamu Elisha Orcarus Allasso, paduan suara dari putra wayah Ki Hajar Dewantara dan Pementasan Medley Pertunjukan dari SMKN 1 Kasihan dan SMKN 2 Kasihan. (Jan)

BERITA REKOMENDASI