SEKOCI Hadir di Puskesmas Gedongtengen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Meningkatnya derajat kesehatan ibu dan anak menjadi salah satu indikator keberhasilan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030. Sebagai pusat layanan primer kesehatan ibu dan anak, Puskesmas diwajibkan untuk selalu berinovasi guna meningkatkan mutu layanan. Salah satunya adalah penerapan Sekolah Komplementer Cinta Ibu (SEKOCI) yang merupakan inovasi pengembangan kelas ibu hamil dan ibu balita berbasis teknologi dan kebidanan komplementer.

Tujuannya untuk mengajarkan teknik relaksasi, mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah komplikasi selama kehamilan hingga masa nifas serta menyusui serta bayi balita. Pelaksanaannya pun fleksibel dapat secara langsung (tatap muka) serta daring (online) seperti yang saat ini diterapkan selama pandemi Covid-19.

Puskesmas Gedongtengen menjadi mitra SEKOCI kedua setelah Puskesmas Depok II Sleman sekaligus mitra SEKOCI pertama yang ada di Kota Yogyakarta. SEKOCI dan Puskesmas Gedongtengen telah disepakati pada Kamis (16/07/2020) lalu melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) selama minimal tiga tahun yang dimulai Agustus mendatang.

Kepala Puskesmas Gedongtengen, dr Tri Kusumo Bawono SE sangat menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, program SEKOCI akan diikutkan menjadi program Puskesmas Gedongtengen dalam optimalisasi kelas ibu hamil dan ibu balita. “Saat ini kami sudah ada kelas yoga ibu hamil, namun kelas balita belum optimal sehingga dengan kerjasama nanti dapat memaksimalkan layanan yang sudah ada,” kara Tri Kusumo.

Founder SEKOCI, Rizka Ayu Setyani SST MPH yang merupakan dosen Pendidikan Profesi Bidan Universitas Respati Yogyakarta mengatakan, ada alasan khusus dipilihnya Puskesmas Gedongtengen sebagai mitra SEKOCI pertama di Kota Yogyakarta. Ia menjelaskan PuskesmasGedongtengen memiliki inovasi Pelayanan Ramah ODHA (PERADHA) yang menjadi nilai plus serta dapat dikolaborasikan dengan Sekolah Komplementer Cinta Ibu (SEKOCI).

“Program Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) juga merupakan isu nasional saat ini.Harapannya, SEKOCI dapat hadir dan menjangkau semua kelompok ibu hamil dan menyusui, terutama pada kasus tertentu seperti Orang Dengan HIV AIDS (ODHIV),” imbuhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI