Sekolah Intensifkan Simulasi UNBK

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keterbatasan fasilitas komputer yang dimiliki oleh sekolah tidak menyurutkan semangat mereka dalam menyiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Menyadari pelaksanaan UNBK yang sudah semakin dekat, sejumlah sekolah terus mengintensifkan latihan dan pendalaman materi. Walaupun untuk itu, mereka harus menumpang di sekolah lain, karena fasilitas komputer yang ada tidak mencukupi.

"Saat ini selain simulasi, kami terus melakukan pendalaman materi terkait dengan materi yang diujikan dalam UNBK.Untungnya meski harus mengerjakan soal UNBK di SMA Taman Madya Jetis, tapi siswa tetap semangat, karena sudah ada pembekalan dari sekolah," kata Waka Kurikulum SMA Gotong Royong, Yitro Dewantara.

Yitro mengungkapkan, kondisi siswa di SMA Gotong Royong yang cukup beragam menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah. Menyadari akan hal itu, selain pendalaman akademik, mental dan psikologis anak juga menjadi perhatian khusus bagi sekolah.

Tindakan itu dilakukan karena sekolah menyadari bahwa kondisi psikologi anak memiliki peran cukup penting dalam mendukung kesuksesan siswa dalam UN. "Terus terang kalau dilihat dari hasil simulasi UNBK. Nilai siswa kami belum bisa dikatakan maksimal. Kondisi itu menjadi tantangan bagi kami untuk memberikan layanan terbaik," terangnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno menyatakan, Kemendikbud akan tetap mempertahankan keberadaan soal-soal dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill/HOTS) pada soal Ujian Nasional (UN) tahun ini. Prosentasenya masih sama dengan tahun lalu yakni 10 persen dari total jumlah soal.

”Soal UN sama seperti tahun lalu, yakni 10 persen kategori HOTS. Itu sekitar empat hingga lima soal. Begitu juga dengan UN Matematika, ada 10 persen soal isian,” kata Totok Suprayitno.

Totok menjelaskan tingkatan soal UN tahun ini masih sama dengan tahun lalu karena kementerian ingin membiasakan murid dengan soal-soal kategori HOTS. Soal-soal UN akan meliputi soal dengan kategori mudah, sedang, agak sulit, dan sulit. Mengenai kesiapan sekolah menyelenggarakan ujian nasional, ia menjelaskan bahwa saat ini untuk tingkat SMP sebanyak 82 persen sudah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Ria/Ati)

BERITA REKOMENDASI