Sektor Kebangkitan Ekonomi Perlu Digenjot

Sigit menambahkan, sektor pariwisata di Kota Yogya didominasi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, lebih dari 66.575 pelaku UMKM tersebar di Kota Yogya. Jumlah ini belum termasuk asosiasi parwisata yang turut merugi selama satu tahun lebih masa pandemi.

Dirinya pun mendorong agar para pelaku ekonomi itu diperhatikan meskipun saat ini masih berlaku PPKM. Menurutnya sejauh ini belum ada kebijakan dari Pemkot maupun Pemda DIY yang benar-benar ampuh untuk membangkitkan pelaku pariwisata.

“Para pelaku wisata berbeda dengan UMKM pada umumnya. Kalau biasanya UMKM itu butuh pasar dan butuh akses masuk ke pasar, di sini sudah ada pasar. Pelaku wisata harus dibantu agar tidak kolaps. Misalnya dengan pinjaman modal tanpa bunga,” tandasnya.

Saat ini dengan penurunan angka positif, Pemerintah Pusat tetap memperpanjang PPKM level 4 sejak 3-9 Agustus 2021 untuk menekan angka ‘positivity rate’ secara nasional. Sigit berharap seluruh elemen masyarakat mendukung perpanjangan ini, dengan catatan Pemkot Yogya segera menyusun ulang strategi pemulihan ekonomi. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI