Selama Puasa PLN Jamin Tak Ada Pemadaman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Yogyakarta memastikan pasokan listrik yang mencapai 400 MegaWatt (MW) mencukupi untuk kenyamanan pelanggan di DIY selama bulan puasa hingga Lebaran. PLN Area Yogyakarta sekaligus siaga tidak ada lagi pemadaman atau pemeliharaan selama Ramadan.

”Pasokan listrik di DIY aman baik kecukupan dayanya untuk kenaikan beban puncak dan penambahan pelangan baru hingga mampu memenuhi lonjakan konsumsi pelanggan yang mayoritas rumah tangga di luar beban puncak. Biasanya ada kenaikan konsumsi listrik dengan beban puncak meningkat dua kali dari 450 MW menjadi 600 MW pada saat sahur pukul 04.00 hingga 05.00 dan buka puasa pada pukul 18.00 hingga 19.00,” tutur Manajer PLN Area Yogyakarta Eric Rossi Priyo Nugroho.

Dijelaskan, kenaikan beban puncak menjadi dua kali lipat pada saat sahur dan buka puasa tersebut disebabkan konsumen bersama-sama banyak menggunakan peralatan listrik pada waktu tersebut seperti untuk memasak dan sebagainya. PLN masih mempunyai kesiapan daya cadangan listrik setidaknya 50 persen untuk memenuhi kebutuhan listrik konsumen di DIY.

”Untuk mengatasi lonjakan konsumsi listrik tersebut, kami jauh-jauh hari sudah menyiapkan 960 MW pada November 2017 lalu dengan meningkatkan tambahan daya. Artinya kami sudah menyiapkan tambahan satu buah trafo dari 30 diganti menjadi 60 dengan kapasitas 60 MW,” imbuhnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI