Selama Ramadan, KPID DIY Layangkan 14 Teguran

YOGYA (KRjogja.com) – Hingga mendekati akhir Ramadan 1437 H, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY sudah mengeluarkan 14 surat teguran untuk Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) televisi swasta yang bersiaran di wilayah Yogyakarta karena diketahui melanggar aturan yang sudah ditetapkan selama bulan puasa ini.

"Ada beberapa pasal pelanggaran yang dilakukan, seperti konten yang mengandung muatan pornografi, seksual/erotisme semisal rok mini atau baju ketat," tutur Komisioner KPID Supadiyanto kepada KRjogja.com, Jumat (1/7/2016).

Selain itu lanjut Supadiyanto, teguran juga dilayangkan untuk televisi swasta yang menayangkan tayangan dengan kandungan kekerasan baik dalam bentuk film kartun atau bukan kartun hingga konten yang dinilai tidak etis ditayangkan saat puasa. Seperti halnya iklan rokok atau bentuk penayangan program acara yang memperlihatkan aktivitas seseorang sedang merokok secara vulgar.

"Konten tayangan seperti itu berpotensi tidak menghormati orang yang sedang berpuasa. Karena itu kami mengambil sikap memberikan teguran tertulis karena sebelumnya sudah disepakati untuk menghindari tayangan seperti itu," jelasnya. (M-5)

 

BERITA REKOMENDASI