‘Self-Management’, Strategi Siswa Adaptasi Disiplin Belajar

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 hingga saat ini menjadi salah satu kondisi tidak menentu yang dihadapi oleh siswa. Pembelajaran yang dilakukan secara distance learning mengakibatkan kurangnya kontrol dan pengawasan bagi guru. Hal tersebut berdampak pada bertambahnya aktivitas siswa di rumah yang tidak relevan dengan pembelajaran, sehingga mengakibatkan kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh – termasuk dalam penyelesaian dan pengumpulan tugas.

Permasalahan tersebut menjadi sebuah tantangan yang perlu segera diatasi di dalam diri siswa. Self-Management menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mengatur diri siswa menjadi lebih baik. Berbagai komponen dari self-management ini yang perlu ditingkatkan di dalam diri siswa, seperti goal setting dan time management.

“Ketika seluruh siswa memiliki goal setting ini akan menjadi dasar bagi siswa dalam menentukan langkah dan menyelesaikan tugas atau aktivitas sehari-hari. Dampak dari goal setting yang sudah dimiliki oleh masing-masing siswa ini terlihat dari values dan perilaku siswa. Sehingga apapun yang dilakukan oleh siswa tidak akan terlepas dari goal setting,” kata Dr Fitri Nur Mahmudah, dosen Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sekaligus menjadi Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Senin (14/06/2021).

Hal senada disampaikan Laila Fatmawati MPd, dosen FKIP-UAD soal time management tersebut bertujuan dalam meningkatkan peluang siswa dalam mencapai tujuan. “Cara menyusun time management siswa dengan membuat daftar agenda, mengatur skala prioritas, belajar mengenali waktu produktif, tidak menunda-nunda, fokus terhadap apa yang telah menjadi prioritas dan daftar agenda, serta mengabaikan gangguan yang ada di sekitar?” kata Laila Fatmawati MPd juga sebagai tim PPM dalam pemaparan materi.

Akhir dari materi ini penguatan emotion management kepada siswa disampaikan oleh tim PPM Zidnii ‘Ilma Nafia, Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan – UAD. “Pelatihan Peningkatan Self- Management Siswa,” ini salah satu program yang mendapatkan hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD bekerja sama dengan mitra Taman Asuhan Al-Islam, Yogyakarta. Dilaksanakan Sabtu-Minggu, 5-6 Juni 2021 lalu, didukung oleh Pengasuh Yayasan.

Ditegaskan Laila Fatmawati, pelatihan ini menjadi sarana bagi siswa untuk dapat lebih mampu menempatkan diri dalam situasi dan kondisi yang tidak stabil seperti pada saat pandemi Covid-19 dan post-pandemic.

“Banyaknya waktu luang justru menjadi salah satu penyebab siswa tidak fokus pada pembelajaran. Ini yang menjadi tujuan utama dalam proses pelatihan peningkatan self-management siswa supaya dapat mengembangkan perilaku siswa lebih adaptif,” ujarnya. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI