Selfie Wisatawan Rusakkan Meja HB VIII, Ini Komentar Ibu Ratu

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Insiden selfie seorang pengunjung Kraton Yogyakarta yang kemudian merusak salah satu koleksi Keraton Yogyakarta yakni meja peninggalan Sri Sultan HB VIII Senin (16/12/2019) lalu turut mendapat komentar dari Ratu Kraton, GKR Hemas. Kraton menurut dia tidak mempermasalahkan insiden tersebut dan menyampaikan harapan agar hal serupa tidak terjadi lagi kedepan.

Ditemui wartawan usai rapat DPD RI bersama Pemda DIY, Selasa (17/12/2019) Hemas mengaku tak terlalu mengikuti perihal koleksi yang rusak oleh pengunjung Kraton tersebut. Meski begitu menurut dia, Kraton terus berinovasi untuk memberikan pemahaman terkait hal seputar Kraton dan museum.

“Yang kemarin itu antusias banget, tidak apa-apa besok diperbaiki saja. Susah juga ya, di Indonesia itu dilarang saja tetap melompat ya meja, pagar je,” ungkap Hemas.

Hemas mengatakan tak akan menerapkan larangan berfoto di kawasan Kraton setelah kejadian kemarin. Hanya saja, ia berharap wisatawan lebih memperhatikan aturan yang sudah dengan jelas dipasang di setiap lokasi.

“Selfie masih boleh meskipun di tempat bersejarah, yang tidak boleh kan hanya drone terbang itu, di museum ga masalah. Banyak tahu lebih bagus, ya harapannya tidak terjadi lagi kedepan,” ungkapnya lagi.

Nekat Selfie, Wisatawan Kraton Rusak Meja Peninggalan HB VIII

Tak Sengaja Rusak Meja HB VIII, Wisatawan Diperbolehkan Berfoto?

Sebelumnya diberitakan seorang wisatawan perempuan asal Bandung Jawa Barat merusakkan meja peninggalan Sri Sultan HB VIII yang dipajang di museum kompleks Kraton Yogyakarta. Wisatawan tersebut naik ke podium kayu lalu duduk di kursi dan selfie.

Tanpa diduga podium kayu bolong dan wisatawan tersebut terjauh hingga merusakkan meja bundar yang ada di area podium. Akibatnya, satu dari tiga kaki meja patah dan harus diperbaiki di bengkel Kraton. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI