‘Semar’ Muncul di Awan Erupsi Merapi, Pertanda Pageblug Segera Berakhir?

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Di tengah masa tidak pasti Virus Covid-19 saat ini, masyarakat Jawa punya cara tersendiri untuk memegang kepercayaan berpikir positif. Salah satunya seperti yang ramai tersebar melalui jejaring aplikasi pesan sejak Sabtu (28/3/2020), tentang Ki Lurah Semar muncul dalam gumpalan kolom awan erupsi Gunung Merapi Jumat (27/3/2020) kemarin.

Banyak yang mempercayai munculnya sosok Ki Lurah Semar di awan erupsi Merapi merupakan pertanda hal baik akan datang. Dr Purwadi M Hum, Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara yang juga dosen pengajar di UNY pun mengamini hal tersebut.

Menurut Purwadi, Merapi punya peran tersendiri untuk kehidupan manusia. Lahar dan lava menurut dia menjadi beberapa contoh bagaimana Merapi memberikan kehidupan.

“Gunung Merapi adalah kembaran Gunung Merbabu. Ibaratnya Merapi laki-laki, Merbabu wanita. Setiap empat tahun sekali, Merapi memberi hadiah untuk umat manusia. Berwujud lahar lava yang memberi keberkahan bagi mahluk hidup. Ini ditulis dalam Kitab Pustaka Raja oleh Pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat yang bernama Raden Ngabehi Ranggawarsita yang ngerti sakdurunge winarah, mengetahui sebelum hal itu terjadi,” ungkapnya pada KRjogja.com.

BERITA REKOMENDASI