Semarak Seruan Takbir Museum Perjuangan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kumandang takbir tidak henti-hentinya terdengar di halaman Museum Perjuangan, Kamis (14/06/2018) malam. Ribuan peserta dari 15 kontingen tampak sangat bersemangat dalam mengikuti festival takbir keliling yang diselenggarakan Panitia Hari Raya Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mergangsan.
 
Lampion utama atau maskot pun telah disiapkan dibagian paling belakang sebagai 'gong' barisan. 
 
Ketua panitia takbir keliling 1439H, Toto Andrio Nugroho (23) menjelaskan pada perhelatan kali ini pihaknya mengusung tema 'Kumandang Takbir Mengagungkan Asma-Asma Allah'. Melalui tajuk itu pihaknya berharap umat muslim di Indonesia khususnya kontingen festival takbir dapat lebih mengagungkan asma Allah dengan kebudayaan-kebudayaan yang dimiliki.
 
"Harapannya kita semakin mengagungkan asma-asma Allah dengan menggunakan budaya kita sendiri. Ada kontingen yang menggunakan adat Jawa sebagai bentuk kebudayaan Jawa, ada juga kebudayaan dari daerah lain," tuturnya kepada KRjogja.com.
 
Toto menambahkan, 15  kontingen yang turut berpartisipasi dari berbagai daerah di DIY ini bakal memperebutkan delapan kategori. Tujuh diantaranya dipilih oleh tim juri dan satu lainnya didasarkan pada jumlah like yang terdapat pada instagram.
 
"Ada beberapa kategori yang kita lombakan, seperti takbir, musik, barisan, lampion, maskot, kostum, display dan terkahir juara favorit yang diambil dari instagram," tambahnya.
 
Kontingen yang berhasil meraih kemenangan terbanyak dalam berbagai kategori pun bakal dinobatkan sebagai juara umum. Selain hadiah berupa trophy, pemenang juga berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai. Sedangkan pengumuman festival takbir keliling sendiri akan dilaksanakan usai shalat idul fitri di halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri Pujokusuman, Jumat (15/05/2018). (MG-10)
 
 

BERITA REKOMENDASI