Semarak Tegalrejo untuk Jogja Istimewa

Editor: KRjogja/Gus

Semarak Tegalrejo untuk Jogja Istimewa

YOGYA (KRjogja.com) – Memperingati HUT ke-260 Kota Yogya, warga Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Tegalrejo menggelar acara 'Semarak Tegalrejo untuk Jogja Istimewa'. Acara di halaman SDN Pingit Tompeyan Tegalrejo, Sabtu (24/9).

"Kami membuka bazar dengan 24 stand, buka pukul 14.00 – 22.00, sedang malam harinya pentas seni pukul 20.00-24.00," terang Ketua LPMK Kelurahan Tegalrejo Tri Mulyono di tempat acara.

Pedagangan makanan dan kerajinan merupakan penduduk setempat. Mereka aslinya memang pedagang, ada yang mempunyai kios, dan yang pedagang keliling. Siang, sore dan malam hari itu mereka menggelar dagangannya di tempat acara.

Menurut Tri Mulyono, penduduk Kelurahan Tegalrejo sekitar 700 KK, mata pencaharian penduduknya beraneka rupa. Ada yang karyawan swasta, PNS dan wiraswasta. Menurut Tri Mulyono, Tegalrejo berada di perbatasan antara Kota dengan Kabupaten, maka tradisi masih seperti pedesaan. Kenduri dan ronda masih berjalan dengan baik.

Kesenian tradisi seperti macapat masih hidup, latihan seminggu sekali di Pendapa Kelurahan, termasuk yang ditampilkan malam itu. Selain macapat acara malam itu juga dimeriahkan dengan tari klasik, angguk, tari modern, opera dan band. (War)

 

BERITA REKOMENDASI