Seniman Antarkan Mbah Sujud ke Pemakaman

YOGYA, KRJOGJA.com – Suasana duka Selasa (16/1/2018) masih begitu kentara di kediaman almarhum Sujud Sutrisno, seniman solois kendang yang meninggal dunia Senin (15/1/2018). Ratusan kerabat, sahabat, rekan sesama seniman memenuhi gang cukup sempit di mana rumah maestro kendang tersebut berada untuk mengantarkan almarhum ke peristirahatan terakhir. 

Nama-nama seniman seperti Cak Nun, Marwoto Kawer, Djaduk Ferianto, Heru Shaggydog, Gepenk Kesana-Kesini, Jemek Supardi, Alit Jabang Bayi dan masih banyak lainnya terlihat berada di kediaman almarhum sejak pagi hari tadi. Mereka bahkan menanti hingga jenazah diberangkatkan ke peristirahatan terakhir di Makam Tompeyan tak jauh dari Badran, kediaman Sujud. 

BACA JUGA :

Sering Mendengar Lagu Ini, Artinya Anda Penggemar Sujud

Seniman Sujud Kendang Meninggal Dunia

Wakil walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi juga secara khusus datang menghantarkan Sujud ke peristirahatan terakhir. Heroe bahkan sempat menyampaikan apresiasi tinggi pada sosok Sujud yang dinilai merupakan seniman ikon Yogyakarta. 

Cak Nun sempat mengatakan sosok Sujud Sutrisno merupakan salah satu seniman yang sangat istimewa bagi Yogyakarta. Bahkan, almarhum menjadi pengisi kekosongan lubang di hati masyarakat pecinta seni di Yogyakarta pada khususnya. 

“Mbah Sujud adalah sosok seniman yang spesifik, tradisional dan alami. Rasanya itu, tidak punya Sujud ya ada yang kurang, ada lubang di hati,” ungkapnya kepada wartawan. 

Setelah sang maestro tiada, Cak Nun berharap ada perhatian dari instansi terkait untuk melestarikan peninggalan Sujud yang kebanyakan berupa kendang. “Bukan untuk di-Tuhankan peninggalannya, tapi bahwa kita bisa belajar tentang Sujud melalui kendangnya,” sambung Cak Nun. 

Almarhum Sujud sendiri meninggal setelah menjalani perawatan usai operasi batu empedu di RS Yogyakarta (Wirosaban). Selama beberapa tahun terakhir, almarhum memang sedang berjuang melawan penyakit tersebut, bahkan sempat diisukan meninggal dunia bulan September 2017 lalu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI