Seniman Hungaria Pameran di Jogja, Pesannya ‘Sungguh Menyentuh’

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Masalah tentang perubahan iklim, kerusakan ragam hayati hingga ketidakberlanjutan lingkungan hidup mendorong seniman asal Hungaria, Eva Bubla untuk membuat proyek bernama 'Ways Forward'. Proyek tersebut merupakan hasil pemikiran bahwa seni dan seniman bisa berperan dalam mengatasi krisis ekologi.

"Untuk proyek ini, saya melibatkan para mahasiswa kelas Seni Rupa Eksperimental di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada (UGM). Saya berusaha mempelajari hubungan antara seni, desain dan ekologi," ujarnya.

Proyek itu kemudian dipresentasikan Bubla di House of Natural Fibre (HONF), sebuah laboratorium seni media di Jalan Langenastran Lor No 16, Kraton, Yogyakarta mulai Jumat (5/4). Pada kesempatan tersebut, Bubla memperlihatkan bagaimana keberadaan area hijau dan tanaman dapat mengurangi tingkat polusi, khususnya di perkotaan. "Saya terinspirasi dari penelitian NASA tahun 1989 tentang sebuah tanaman yang bisa memurnikan udara dalam ruangan secara efektif. Tanaman itu namanya Sansevieria

atau kalau di Indonesia adalah lidah mertua," kata Bubla. Ia menaruh beberapa tanaman lidah mertua itu di bambu-bambu yang bisa digantung.

"Tanaman ini bisa ditempatkan dimana saja. Jadi cocok untuk ditaruh di rumah-rumah. Awalnya saya mau pakai plastik sebagai wadahnya, tapi plastik juga tidak ramah lingkungan," jelasnya. 

Selain mempresentasikan proyeknya, Bubla juga mengkritisi pekatnya polusi yang terjadi di kota-kota besar. Kritik tersebut ia sampaikan dengan sebuah instalasi seni berbentuk kotak, berperan sebagai respirator yang didalamnya berisi tanaman lidah mertua. Konon, jika lahan hijau semakin dikurangi, maka umat manusia akan bernapas menggunakan alat seperti itu.

Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, HE Judit Pach yang menyempatkan untuk hadir ke pameran Eva Bubla mengatakan proyek tersebut mampu menginspirasi banyak orang terkait keberlanjutan lingkungan hidup. "Pameran Eva Bubla ini unik dan saya cukup terkesan karena ini bisa mendorong publik untuk peduli terhadap lingkungan kita sendiri. Ini sangat mudah untuk kita ikuti dan implementasikan agar udara kita bisa lebih baik," pungkasnya. (M-1)

 

BERITA TERKAIT