Seniman Jogja Jual Karya Secara Virtual untuk Bantu Petani

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Koperasi Seniman dan Budayawan (Koseta) Yogyakarta menggelar pameran karya seni secara virtual melalui program Resoilnation Art for Sustainable Farming, Sabtu (25/7/2020). Selama dua bulan, lebih dari 40 karya seni rupa dari 23 pameris akan ditampilkan secara daring melalui resoilnation.id yang dibuat sebagai upaya memastikan ketahanan pangan.

Pembukaan pameran dilaksanakan di Eclipse Hotel Prawirotaman, Sabtu (25/7/2020) petang. Sineas berpengalaman, Garin Nugroho didapuk menjadi kurator untuk program pameran daring yang dibuat sebagai respon kreatif pandemi Covid sekaligus membantu ketahanan pangan.

Risang Yuwono, Direktur Program Resoilnation mengatakan karya-karya yang dipamerkan secara langsung dibuat oleh para pameris yang merupakan seniman lukis, pematung maupun fotografer. Para seniman menurut Risang memiliki keresahan untuk ikut ambil bagian memastikan ketahanan pangan setidaknya di lingkup DIY dan Indonesia yang belakangan menjadi kekhawatiran bersama akibat munculnya pandemi.

“Motivasi kami kemanusiaan, Resoilnation menawarkan kenekatan mengupayakan daya pemecahan masalah melalui manajemen teknologi. Kami berusaha mendekatkan kolektor yang sekaligus akan jadi investor agar ikut ambil bagian dalam gerakan revolusi ini, ikut memastikan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Koseta membuat terobosan kuat mengumpulkan modal melalui penjualan karya lukis di mana kolektor akan menjadi investor yang akan membantu program dengan membeli karya seni. Mereka akan membuka lahan pertanian dari lukisan yang terjual, dan sekaligus mengupayakan para petani tetap berkarya memastikan ketahanan pangan.

BERITA REKOMENDASI