Seniman “Kuasai” Kantor PDI Perjuangan DIY, Ini Alasannya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Fenomena menarik muncul di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Sabtu (5/6/2021). 78 seniman lukis dari beberapa daerah di Indonesia menguasai kantor megah di Jalan Tentara Rakyat Mataram tersebut. Namun tunggu dulu, ternyata yang menguasai adalah karya lukis mereka memeriahkan Bulan Bung Karno 2021. Para pelukis terlibat dalam pameran bertajuk Akara yang resmi dibuka hari ini.

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi, mengatakan agenda pameran seni rupa ini menjafi kali pertama dilakukan di kantornya. Secara khusus, PDI Perjuangan DIY ingin memberikan ruang bagi seniman untuk berkarya sesuai misi partai untuk mengakomodasi seluruh elemen masyarakat.

“Pameran seni lukis bertajuk Akara ini jadi penanda, sekaligus upaya dari PDI Perjuangan DIY memperingati Bulan Bung Karno. Dahulu Bung Karno begitu dekat dengan para seniman, yang membuat sisi kemanusiaan beliau begitu luar biasa. Semangat itu ingin kami munculkan sesuai arahan dari pusat,” ungkapnya di sela pembukaan.

Sementara, Ketua DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri membuka pameran secara daring dari kediamannya. Megawati menyampaikan bawasanya seni dan budaya tak pernah lepas dari kegiatan berpolitik. Ia menjadi saksi bagaimana Bung Karno bisa berjam-jam melakukan diskusi dengan para seniman saat masih menjadi presiden dahulu. Megawati pun mengapresiasi langkah DPD PDI Perjuangan DIY yang mewujudkan pameran seni lukis tersebut di kantornya.

BERITA REKOMENDASI