Seniman Yogya Iringi Pemakaman ‘Gundala’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Harya Suraminata (70) atau lebih dikenal dengan Hasmi, pencipta tokoh Gundala Putra Petir yang meninggal Minggu (06/11/2016) kemarin dimakamkan di Makam Seniman Imogiri Bantul. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka kawasan Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta diiringi ratusan saudara dan sanak kerabat.

Sebelum diberangkatkan almarhum sempat disemayamkan dan didoakan melalui ibadat bertempat di aula SMK Bopkri 4 Yogyakarta. Seniman seperti Butet Kartarajasa, Djaduk Feriyanto, Landung Simatupang, Ong Hari Wahyu, Hendro Pleret, Bambang Gundul dan beberapa komikus serta seniman teater yang merupakan rekan almarhum tampak khusuk mengikuti prosesi sebelum akhirnya jenazah diberangkatkan menggunakan mobil menuju Imogiri.

Salah seorang kerabat, Fajar Sungging yang merupakan putera Wit NS pencipta Godam mengatakan almarhum merupakan sosok pribadi yang rendah hati dan dicintai banyak teman. Menurut dia, sosok almarhum tak akan dilupakan dengan terus menghidupkan karya salah satunya Gundala Putra Petir.

"Meninggalnya Pak Hasmi memang cukup mengagetkan bagi kami semua karena operasinya lancar dan dokter mengatakan pemulihannya baik. Tapi Tuhan berkehendak lain dan lebih sayang pada almarhum. Tapi kami berniat untuk tetap melanjutkan karyanya," ungkapnya.

Senada, Butet Kartarajasa yang juga sahabat Hasmi mengaku cukup kehilangan sosok yang memang memiliki karya luar biasa dalam kesenian tersebut. "Dia rendah hati, apa adanya dan memang sosok yang baik di mata teman-teman, sugeng tindak Mas Hasmi, sampai bertemu lagi," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI