Sensus Penduduk Online DIY Baru Mencapai 7,96 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sensus penduduk yang dilakukan secara online oleh Badan Pusat Statistik (BPS) DIY hingga saat ini baru mencapai 7,96 persen, dimana target yang ditetapkan yakni 21 persen. Padahal batas waktu sensus penduduk secara online akan berakhir hingga 31 Maret mendatang. Namun demikian BPS DIY tetap optimis target sensus penduduk secara keseluruhan di daerah ini dapat tercapai.

Sensus penduduk secara nasional telah dilakukan mulai 5 Februari hingga 31 Juli. Sensus penduduk dilakukan dalam dua metode yakni secara online yang dilakukan 5 Februari hingga 31 Maret, sedangkan pendataan secara manual akan dilaksanakan pada 1 Juli – 31 Juli mendatang

Kepala BPS DIY, Heru Margono mengakui capaian untuk sensus penduduk online memang rendah. Namun ia optimis, dengan mengerahkan 7.005 pada tahap pendataan manual atau wawancara secara langsung kepada masyarakat maka target 100 persen yang ditetapkan pemerintah akan tercapai.

“Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena bagi masyarakat yang tidak bisa berpartisipasi dalam sensus penduduk online ini nanti kita datangi saat sensus penduduk wawancara. Penilaian bukan berhenti pada sensus penduduk online, tapi sensus penduduk secara keseluruhan,” tegas Heru Margono usai sosialisasi Sensus Penduduk di DPD RI Perwakilan DIY, Selasa (10/03/2020).

Heru Margono mengakui memang banyak kendala yang dihadapi dalam melakukan sensus penduduk ini. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan sensus penduduk secara mandiri dan hanya menunggu didatangi petugas menjadi salah satu faktor yang paling dominan.

“Dalam sensus penduduk tidak ada satupun yang terlewat, harus tercacah semua. Bisa tercacah melalui sensus penduduk online, bisa tercacah melalui sensus penduduk wawancara,” tambahnya.

Ia mengingatkan pendataan masyarakat melalui sensus penduduk ini sangat penting bagi kelangsungan sebuah negara. Dari data tersebut maka pemerintah dapat membuat kebijakan yang tepat untuk diterapkan di suatu daerah.

Oleh sebab itu ia berharap partisipasi masyarakat untuk melakukan sensus penduduk secara online hingga 31 Maret mendatang. Selain itu bagi masyaralat yang belum sempat melakukan sensus penduduk secara online nantinya dapat memberikan data serta informasi selengkap-lengkapnya saat didatangi petugas pencatat.

BERITA REKOMENDASI