Separuh Lansia Warga Kota Yogya Telah Jalani Vaksinasi Booster

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sedikitnya separuh warga lanjut usia (lansia) di Kota Yogya sudah berhasil terlayani vaksinasi Covid-19 penguat atau booster. Percepatan vaksinasi booster bagi lansia pun akan dipercepat seiring semakin pendeknya interval vaksinasi.

Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Yogya Lana Unwanah, mengungkapkan sedikitnya sudah 23.608 warga lansia atau 51,39 persen yang telah mendapatkan vaksinasi booster. “Vaksinasi untuk saat ini bisa diakses di puskesmas atau di rumah sakit. Sentra vaksinasi di XT Square memang sedang diistirahatkan dulu,” jelasnya.

Diakuinya, kecepatan pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia cukup baik. Terutama saat program tersebut pertama kali digulirkan. Akan tetapi kemudian melambat setelah cakupan vaksinasi penguat mendekati 50 persen dari total sasaran.

Oleh karena itu Lana berharap pelaksanaan vaksinasi penguat pada warga lansia bisa dipercepat lagi. Khususnya setelah Kementerian Kesehatan memperpendek interval pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia menjadi tiga bulan dari vaksinasi kedua.

Hanya, kebijakan pemangkasan interval pemberian vaksinasi penguat pada warga lansia belum diterjemahkan dalam sistem administrasi pendataan vaksinasi. “Masih tertera dengan interval enam bulan. Tentunya, kami berharap dalam satu atau dua hari ke depan sudah ada pemutakhiran sistem administrasi vaksinasi sehingga lansia yang sudah memiliki interval tiga bulan bisa menerima dosis penguat,” urainya.

Bagi warga lansia sejak awal menjadi prioritas pemberian vaksinasi booster. Hal ini karena biasanya usia lanjut memiliki kerentanan serta ada yang mengalami komorbid hingga membuat mereka rentan terhadap virus.

Menurut Lana, saat ini sudah ada beberapa fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan vaksinasi penguat dengan interval tiga bulan dari vaksinasi dosis kedua pada warga lansia. “Secara aturan sudah dimungkinkan. Tetapi, petugas harus melakukan input data secara manual agar data vaksinasi tercatat dalam sistem,” katanya.

Selain melaksanakan vaksinasi penguat pada warga lansia, Pemkot Yogya tetap berusaha menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi dosis lengkap pada anak usia enam sampai 11 tahun pada akhir Februari 2022. “Setelah vaksinasi untuk anak selesai, kami akan berupaya mempercepat lagi vaksinasi booster untuk lansia. Mulai Maret bisa saja bekerja sama dengan wilayah,” ungkapnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI