Sepuluh Bregada Kawal Gunungan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Kraton Yogyakarta melaksanakan prosesi kirab 7 gunungan dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW, Senin (12/12/2016). Sebanyak 10 bregada turut mengawal gunungan yang akan dihantarkan ke Masjid Gede Kauman, Kepatihan dan Pura Pakualaman.

Penghageng II KHP Kridha Mardawa Kraton Yogyakarta, KRT Waseso Winoto mengatakan Manggala Yudha yang dipimpin oleh GBPH Yudhaningrat melalukan apel pasukan yang akan mengawal gunungan tersebut ke lokasi yang telah ditentukan. Total ada 10 bregada yang ikut sert dalam prosesi ini yakni Wirobrojo, Patang Puluh, Prawirotomo, Ketanggung, Daeng, Jogokaryo, Nyutro, Mantrijero, Bugis dan Surokarso.

"Di dalam Kraton, para bregada terlebih dahulu melakukan penghormatan di Kuncung Bangsal Kencana. Mereka bergantian dimulai dari Wirabraja dan diakhiri bregada Mantrijero," ungkapnya.

Diiringi Gending Monggang, tepat pukul 10.15 WIB seluruh bregada keluar dari Siti Hinggil menuju Pagelaran dan dilanjutkan ke Alun-Alun Utara. Nantinya rombongan akan dipisah menuju ke Kepatihan, Pakualaman dan Masjid Gede Kauman.

Gunungan akan didoakan terlebih dahulu oleh kaum di Masjid Gede Kauman kemudian masyarakat diperkenankan memperebutkan seluruh bagian gunungan hingga habis tak tersisa. Lima buah gunungan akan diperebutkan di halaman Masjid Gede Kauman sementara dua gunungan kakung dibawa ke Pakualaman dan Kepatihan.

Dalam prosesi Grebeg Maulud kali ini tampak ribuan masyarakat berdatangan ke kawasan Alun-Alun Utara untuk menyaksikan langsung kirab Gunungan Kraton Yogyakarta. Di sepanjang rute kirab dari depan Pagelaran hingga Masjid Gede Kauman, titik 0 kilometer hingga Jalan Malioboro dan Panembahan Senopati dipenuhi oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar kota Yogyakarta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI