Sepuluh Merak Hijau Segera Dilepasliarkan di Banyuwangi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bekerjasama dengan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dan Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta-Wildlife Rescue Center akan melepasliarkan sepuluh ekor burung merak hijau (Pavo muticus) di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (27/12/2018) mendatang. Satwa yang bakal dilepasliarkan di TNAP tersebut berasal dari hasil serahan sukarela masyarakat selama periode 2014-2018, yang sementara ini dititipkan di Lembaga Konservasi (LK), seperti di GL Zoo berupa lima ekor merak, Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) dua ekor, dan tiga ekor lainnya direhabilitasi di BKSDAYogyakarta.

"Kolaborasi BKSDAYogyakarta dengan mitra seperti lembaga konservasi di DIY ini mengapresiasi dan dapat membangun citra positif sekaligus ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati, " kata Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Ir Junita Parjanti.

Sementara itu Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDAYogyakarta, Andie Chandra Herwanto mengatakan, hasil penilaian kesehatan dan perilaku sosial kesepuluh ekor satwa liar yang siap dilepasliarkan itu saat ini dalam kondisi layak, baik dari sisi kesehatan dan perilaku. "Semua yang akan dilepasliarkan ke Alas Purwo, kondisi baik, perilaku liarnya juga bagus," sebut Andie Chandra.

Menurutnya, sebagai proses tahap akhir sebelum pelepasliaran, pada merak hijau itu dilakukan penandaan, berupa teknik pewarnaan (bleacing) di beberapa bagian sayap sekundernya. Teknik pewarnaan bulu pada burung merak itu merupakan salah satu alternatif teknik penandaan, selain teknik pencincinan pada tarsus. (Rdi)

BERITA REKOMENDASI