Sepuluh Rumah Warga Tak Layak Huni Siap Direnovasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak sepuluh rumah warga Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo yang tak layak huni akan direnovasi dalam program TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Kegiatan yang bernama ABRI Masuk Desa itu secara resmi baru akan dibuka pada Rabu (28/03/2018) mendatang, namun prajurit telah mulai diterjunkan untuk melaksanakan Pra TMMD.

Pasi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Rino Tri Widodo menegaskan dipilihnya sepuluh rumah warga tersebut merupakan hasil koordinasi yang dilakukan pihak Kodim Yogyakarta bersama pemerintah Kelurahan Pandean maupun Kecamatan Umbuharjo beserta dinas terkait. Selain itu kriteria lain yaitu rumah yang dihuni dinyatakan tak layak ditinggali, baik dari segi kesehatan maupun keselamatan warga.

"Koramil Umbulharjo serta pihak terkait telah melakukan pendataan dan kesepuluh rumah warga tersebut ditetapkan sebagai sasaran renovasi dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Jadi sasaran program ini telah t epat sasaran dengan melibatkan berbagai pihak,” tegas Rino Tri Widodo, Senin (26/03/2018).

Diungkapkannya, program renovasi terhadap sepuluh unit rumah warga tersebut meliputi rehab penggantian atap, lantai dan dinding. Sejauh ini proses pembangunan telah mencapat 40 persen dan diperkirakan sebelum TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta ditutup nantinya seluruh program telah rampung dikerjakan.

“Kami membantu mengerjakan atapnya, lantai dan dinding sehingga penghuni yang tinggal di rumah itu bisa nyaman. Rumah yang direnovasi merupakan milik warga yang masih berdindingkan papan, beratapkan anyaman bambu dan berlantaikan tanah,” jelasnya.

Rino Tri Widodo memastikan, walau dkerjakan dengan cepat namun kualitas bangunan dijamin tetap memenuhi standar keamanan. Selain digarap oleh para prajurit-prajurit yang telah berpengalaman dalam hal bangunan, pengerjaan juga menggunakan material yang telah sesuai dengan mutu bangunan. (Van)

BERITA REKOMENDASI