Serap Produk Petani, Pemda DIY Bentuk Kelembagaan Pangan

Editor: KRjogja/Gus

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY ini mengaku pihaknya membutuhkan tengah berproses di samping terbatasnya anggaran Pemda DIY guna membentuk kelembagaan pangan. Namun, Pemda DIY sudah berpikir untuk membuat kelembagaan pangan DIY pelan-pelan melalui proses atau tahapan-tahapan yang harus dijalankan.

“Tidak bisa kira asal-asalan mmbentuk BUMD pangan termasuk mengoptimalisasikannya sebab perlu banyak poduk yang mendasarinya. Sehingga kemudian membentuk Perda kembali dan harus seperti itu, Ini yang kemudian harapannya bisa terwujud di DIY, kita baru koordinasi dan perlu kolaborasi dengan para stakeholder lainnya termasuk kabupaten/kota se-DIY,” jelasnya.

Menurut Made, jika Pemda menyerahkan tanggung jawab kepada suatu lembaga serta mengetahui supply, demand, jenisnya komoditi pangan, cukup dari DIY atau daerah lain dan sebagainya. Pemda DIY memang harus mempunyai sistem yang secara validitas data dan semua informasi semuanya bisa ditangkap.

“Bagi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY upaya tersebut sangat membantu menjaga kestabilan inflasi di DIY. Kita sedang berproses mewujudkan kelembagaan pangan tersebut, tidak harus cepat tetapi terencana karena kita sudah punya roadmapnya,” tambahnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI