Serdik Suryo Hutomo Peduli Donor Darah di Tengah Pandemi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepedulian untuk membantu sesama di tengah Pandemi Covid-19 bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti yang dilakukan seorang anggota Polisi Polda DIY yang sekarang sedang menempuh pendidikan Sespimmen Polri di Lembang Serdik Suryo Hutomo SIK MH dengan mendonorkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret lalu melumpuhkan berbagai aktivitas masyarakat. Termasuk kegiatan yang ada di lingkungan Sekolah Staf Dan Pimpinan Menenggah (Sespimmen) Lemdiklat Polri. Bahkan, wabah Covid-19 membuat seluruh siswa Sespimmen Angkatan 60 terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar melalui daring dan tetap berada di rumah masing-masing.

“Sejak April lalu saya belajar dari jarak jauh melalui online,” kata Suryo, Rabu (02/09/2020).

Meski belajar jarak jauh, Suryo tetap selalu antusias mengikuti seluruh pembelajaran yang disampaikan para dosen. Bahkan, disela-sela tidak ada pembelajaran dan senggang dirinya melakukan aktivitas produktif seperti membaca, olah raga dan kegiatan lain untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Saya juga melakukan donor darah. Sejak Maret saya sudah melakukan donor darah hingga 2 kali. Pertama di Bandung, kedua di Kebumen tempat kelahiran saya,” jelas mantan Kasatlantas Polresta Yogyakarta ini.

Menurut Suryo, donor darah dilakukan bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Apalagi, usai melakukan donor badan terasa segar dan bugar. “Setelah donor badan jadi ringan,” jelasnya.

Selama mengikuti donor darah, petugas dan dirinya selalu menjalankan protokol kesehatan. Yakni cuci tangan, mengenakan masker dan jaga jarak dengan pendonor yang lain.

“Sebelum proses pengambilan darah dimulai, kondisi kesehatan saya juga dicek. Setelah semuanya aman dan dinyatakan sehat, baru kemudian dilakukan pengambilan darah oleh petugas yang lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD),” jelas Sedik Suryo Hutomo yang aktif mengikuti belajar daring dan rajin donor darah. (*)

BERITA REKOMENDASI