Serentak, Polisi Sterilisasi Gereja di DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Polda DIY melalui Brimob melakukan sterilisasi secara serentak gereja-gereja di wilayah DIY, Kamis (01/04/2021). Polisi melakukan pengecekan di dalam dan luar gereja sebagai antisipasi teror yang beberapa hari terakhir terjadi di wilayah Indonesia.

Kanit Jibom Brimob Polda DIY Iptu Agus Setyono mengungkap pihaknya melakukan sterilisasi di dalam dan luar gereja sebagai upaya memastikan keamanan. Menurut dia, situasi yang terjadi saat ini membuat kepolisian menaruh perhatian penuh pada upaya memastikan keamanan masyarakat.

“Atas situasi saat ini di wilayah, kami dari Brimob Polda DIY, melaksanakan pelayanan umat Nasrani yang merayakan rangkaian ibadah Paskah. Kami lakukan sterilisasi gereja baik di dalam maupun luar. Kita pastikan keamanan dan kami akan terus pantau sampai kegiatan usai. Kami berupaya memberikan keyakinan tempat ini aman dan nyaman untuk beribadah,” ungkapnya.

Agus mengatakan sterilisasi dilakukan di beberapa gereja wilayah Kota Yogyakarta. Namun secara keseluruhan gereja-gereja di wilayah DIY juga dilakukan sterilisasi dan pengamanan hingga perayaan Paskah usai.

“Hari ini kami di gereja Kotabaru dan Kidul Loji, namun tim juga melaksanakan secara serentak di seluruh wilayah DIY. Harapan kami perayaan Paskah bisa berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

Sementara Sekretariat Paroki Kotabaru, Eka Rahayu mengutarakan pihaknya juga melakukan pengamanan internal dan pembatasan umat yang melaksanakan ibadah Paskah. Setiap misa ekaristi, gereja membatasi maksimal 350 umat dari seluruh lingkungan.

“Umat yang bisa masuk harus menunjukkan kartu dengan nomor jadi kita bisa tahu siapa yang masuk. Perayaan ekaristi di gereja ini hanya untuk umat usia 10 sampai 70 tahun dengan protokol kesehatan dan keamanan. Setiap misa, kami maksimal 380 umat plus petugas per misa. Masuknya juga berlapis ada cek suhu dan registrasi juga ketika ada apa-apa bisa diantisipasi. Kita screening kalau ada yang mencurigakan, dengan sendirinya akan terseleksi. Dari parkir sudah ditanya mana kartu giriknya,” ungkap dia. (Fxh)Petugas kepolisian dari Jibom Brimob Polda DIY melakukan pengamanan gereja (Harminanto)

BERITA REKOMENDASI