Sewa Lahan Kuliner XT Square Tetap Akan Dinaikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga sewa lahan kuliner di area XT Square tetap akan dinaikkan meski ada pedagang yang keberatan. Kebijakan itu bukan semata untuk meningkatkan pendapatan melainkan kebutuhan biaya operasional serta meningkatkan kualitas di pasar seni dan kerajinan tersebut.

Menurut Direktur Utama PD Jogjatama Visesha selaku pengelola XT Square Muhammad Verga Prabowo Agus, sewa yang ditetapkannya itu masih di bawah harga sewa di tempat wisata lainnya. Tarif sewa baru di zona kuliner per 31 Maret 2019 mendatang ialah Rp 1 juta per bulan, naik dari sebelumnya Rp 850.000 per bulan.

”Jika dihitung, kenaikannya pun tidak banyak. Sekitar Rp 5.000 per hari. Saya kira, pedagang masih mampu,” jelasnya.

Di samping itu, lahan XT Lane untuk zona kuliner itu juga sudah direvitalisasi. Sebelumnya, zona tersebut tersebut dinilai terlihat kurang rapi karena pedagang menggunakan tenda yang tidak seragam dan berjualan di area outdoor.

Pada tahun lalu, XT Square menambah atap dan memperbaiki lantai serta menyediakan sejumlah fasilitas untuk pedagang seperti tempat cucian piring serta meja dan kursi yang seragam. Oleh karena itu, jika pedagang kuliner mengeluh sepi pembeli, seharusnya mereka juga melakukan introspeksi.

Hal ini lantaran sepanjang tahun 2018 lalu XT Square dikunjungi 1,29 juta wisatawan. Verga Prabowo Agus menjelaskan, sudah ada beberapa pedagang yang membayar sewa dan memperpanjang kontrak.

Sementara Koordinator Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogya Baharuddin, mengaku sudah melakukan pertemuan dengan manajemen XT Square terkait keluhan pada pedagang kuliner tersebut. Pihaknya pun akan menyampaikan rekomendasi kepada Pemkot Yogya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI