Siap-Siap, Jajanan Terang Bulan Jadul Bakal Serbu Jogja

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kehadiran kembali terang bulan jadul dalam mewarnai ragam kuliner Yogyakarta tampaknya disambut baik oleh masyarakat. Setiap harinya, hampir rata-rata penjual berhasil menjajakan setidaknya 100 porsi.

Tingginya peminat terang bulan jadul itu membuat jumlah penjual kian bertambah. Bahkan, menurut salah satu pedagang terang bulan jadul Kori (55), pada bulan maret mendatang akan ada puluhan penjual terang bulan jadul dari Kota Surakarta. Mereka bakal berpindah ke Yogyakarta untuk menjajakan makanan unik ini.

“Bulan depan besok yang di Solo bakal pindah semua ke Yogya, mereka jualan terang bulan jadul di sini,” terang Kori kepada KRJOGJA.com, Selasa (26/02/2019).

Terang Bulan Jadul Eksis Lagi!

Saat ini, terang bulan jadul di Yogyakarta sendiri sudah dijajakan oleh lebih dari 20 penjual. Angka tersebut pun terus bertambah seiring banyak peminat yang ingin turut menjajakan makanan ini. Komposisi mereka tidak hanya didominasi oleh masyarakat Yogyakarta. Adapula warga dari Lumajang Jawa Timur yang sengaja merantau untuk berdagang terang bulang jadul.

Kori menambahkan, semua penjual terang bulan jadul justru dikoordinir oleh satu kelompok dari Jawa Timur. Mereka lah yang menjadi pemasok bagi seluruh penjual. Alhasil, sebelum berangkat menjajakan terang bulan jadul para penjual terlebih dahulu harus melajukan kendaraannya ke Sayidan untuk mengambil barang dagangan.

“Ada bosnya dari Jawa Timur, jadi kami ambil dagangannya di daerah Sayidan baru nanti keliling buat jualan,” tutur Kori sembari melayani pembeli yang terus berantrian. (MG-10)

 

 

BERITA REKOMENDASI