Sila Dua dan Lima untuk Selesaikan Persoalan Papua

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Situasi di wilayah Papua dan Papua Barat beberapa hari terakhir cukup mengusik hati masyarakat Indonesia. Aksi unjukrasa yang berakhir ricuh di Jayapura Jumat (29/8/2019) hingga menyebabkan dua warga dan satu tentara meninggal dunia serta melumpuhkan aktivitas masyarakat sama-sama menyakiti anak bangsa pun mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menjadi salah satu yang konsern mengikuti permasalahan di Papua. Paloh pun meminta seluruh pihak untuk mengedepankan penyelesaian masalah dengan kepala dingin serta semangan kekeluargaan.

“Apa yang terjadi di Papua saat ini adalah masalah yang bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan semangat kekeluargaan. Kita mengakui bahwa tindakan segelintir oknum telah melukai, mencederai hati dan perasaan masyarakat Papua.

Luka Papua adalah luka kita semua, masalah yang terjadi di Papua menjadi masalah kita semua sebagai satu negara bangsa. Dan terkait hal tersebut, aparat keamanan telah menindak tegas para oknum yang telah semena-mena terhadap warga Papua,” ungkap Paloh melalui siaran pers pada KRjogja.com Sabtu (31/8/2019).

Tindakan tegas pada para oknum yang semena-mena menyakiti hati masyarakat Papua menurut Paloh adalah keseriusan pemerintah Indonesia untuk menjunjung prinsip kemanusiaan serta keadilam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sila kedua dan kelima yang tertuang dalam butir-butir pedoman bangsa tersebut menjadi bukti bahwa pemerintah tidak main-main memberikan rasa adil bagi seluruh warga termasuk masyarakat Papua.

“Berangkat dari kesadaran tersebut, Partai NasDem dengan ini meminta kepada pemerintah, pengemban otoritas tertinggi Republik Indonesia, untuk mengedepankan pendekatan kultural dalam menangani masalah di Papua saat ini. Kedepankan selalu pendekatan persuasif dan semangat persaudaraan sebagai satu bangsa. Kami juga mengajak kepada seluruh warga bangsa dan kekuatan politik di seluruh penjuru negeri untuk senantiasa memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam upaya menyelesaikan masalah di Papua,” sambung Paloh.

Secara khusus, Paloh juga telah memerintahkan seluruh kader partainya untuk menggalakkan dialog di tengah warga Papua. Penegasan kembali bahwa kita sama-sama satu bangsa diminta untuk terus dilakukan dengan pendekatan kultural.

“Saya perintahkan seluruh kader Partai NasDem, khususnya yang ada di Papua untuk menggalakkan dialog dan semangat kebangsaan di tengah warga Papua sebagai bagian dari penegasan bahwa kita semua adalah Satu Nusa Satu Bangsa,” pungkas Paloh. (Fxh) 

 

BERITA REKOMENDASI