Silaturahmi ke KR, Mendes PDTT: Bangun Desa Butuh Sentuhan Khusus

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd mengungkapkan pembangunan desa di Indonesia membutuhkan sentuhan berbasis desa. Keragaman sosial budaya hingga geografis menyebabkan permasalahan desa sangat variatif sehingga membutuhkan penyelesaian yang berbeda.

“Kita cukup optimis dengan semangat bersama setiap proses positif dan produktif akan menghasilkan sesuatu yang baik,” kata Mendes PDTT saat bersilaturahmi di PT BP Kedaulatan Rakyat (KR), Jumat (10/7/2020). Turut menerima silaturahmi, Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat, M. Wirmon Samawi SE MIB bersama jajaran direksi dan redaksi KR.

Mendes PDTT memegang prinsip dana desa harus difokuskan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan potensi desa. Sehingga kegiatan yang bersifat pembangunan fisik harus dilihat dulu nilai kebermanfaatannya bagi masyarakat.

“Seperti misal pembangunan kantor desa atau pembangunan fisik lain yang tidak prioritas tentu tidak boleh diambilkan dari dana desa. Kedepan tambahnya, pemberdayaan masyarakat desa khusus dibidang digital bakal terus dibangun. Dengan administrasi desa berbasis online akan memangkas birokrasi sehingga prinsip transparansi terjada dan lebih memudahkan masyarakat,” tambahnya.

Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat, M. Wirmon Samawi SE MIB menyambut baik program dana desa yang terbukti mampu memberdayakan masyarakat desa. Diharapkan inovasi dan kreatifitas mengiringi bergulirnya program ini kedepan. (*)

BERITA REKOMENDASI