Sirkulasi Siklonik Sebabkan DIY Hujan Saat Kemarau

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagian besar wilayah DIY mengalami hujan dengan durasi cukup lama, Selasa (11/08/2020). Bahkan hujan dengan intensitas ringan ini terjadi dari siang hingga malam. Hujan ini terjadi saat wilayah DIY masuk pada puncak musim kemarau.

Kepala Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Reni Kraningtyas melalui siaran pers pada wartawan menyebut hujan intensitas ringan semalam terjadi karena adanya pertemuan arus angin di wilayah Jawa. Tandanya, ada belokan angin dan perlambatan kecepatan angin akibat aktivitas sirkulasi siklonik yang berpusat di perairan selatan Nusa Tenggara Timur.

“Perlambatan kecepatan angin ini mengakibatkan penumpukan massa udara di wilayah Jawa sehingga mendukung pertumbuhan awan tipe Stratiform (jenis awan rendah) bersifat merata dan menyebabkan hujan ringan cukup lama di wilayah DIY,” ungkap Reni.

Kondisi kemungkinan hujan ringan menurut BMKG tidak akan terjadi dalam waktu lama yakni sekitar 1-2 hari saja. Masyarakat dihimbau untuk mencermati kondisi dengan mempersiapkan diri apabila hendak beraktivitas terutama di luar ruangan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI