Siska Aulia, Penyanyi Berhijab yang Laris Job di Hajat Nikahan

Editor: Ivan Aditya

KEHIDUPAN pangung hiburan mulai menggeliat. Beberapa pekerja seni mulai mendapat job.

Siska Aulia, penyanyi yang tinggal di Dayakan Sumberharjo Prambanan Sleman, sudah ‘panen’ tanggapan. Beberapa minggu ini, terutama Sabtu dan Minggu, Siska mulai laris manggung. Mayoritas di acara resepsi pernikahan.

“Alhamdulillah mulai ada yang ngajak. Tapi baru di acara nikahan, yang lain belum beranjak. Masih vakum,” papar Siska.

Di luar acara hajatan, gadis kelahiran 28 Oktober 1998 ini sering tampil di pengajian-pengajian di sekitar Prambanan, Klaten, Boyolali. “Banyak yang kaget ketika tahu saya nyanyi di pengajian. Di mata orang, hal asing. Di beberapa daerah, pengajian ada selingan nyanyi. Lagu-lagunya religi. Yang ngajak Pak Kiai yang mengisi pengajian. Saya sering nderekke Kiai Mujiharno,” ujar sarjana D3 Akuntansi UII itu.

Tidak seperti penyanyi kebanyakan, Siska selalu tampil berhijab. Keseharian Siska memang memakai busana muslim.

Awalnya banyak yang meragukan Siska bisa eksis di panggung musik, karena berhijab. Namun setelah dijalani beberapa tahun, nyatanya bisa awet manggung hingga saat ini.

Siska mengakui tiap penyanyi punya rezeki tersendiri. Maka ia tidak khawatir tidak akan mendapat panggung, hanya karena berbusana muslim.

“Justru pengundang banyak yang menginginkan penyanyi yang menghibur di acaranya, berbusana muslim. Malah bisa diterima di acara pengajian segala,” tandas penyanyi ramah itu.

Menyikapi panggung musik yang sedang terpuruk, Siska perpandangan positif. Bahwa setiap peristiwa selalu memunculkan berkah tersembunyi. Pandemi Covid-19 dianggap Siska sebagai ‘berkah’. Karena membuat orang disiplin menjaga kesehatan, pun mengingat Sang Pencipta.

“Manusia kalau sedang ditimpa musibah biasanya baru ingat Tuhan, juga menyadari kesalahan kebiasaan yang dilakukan sebelumnya. Nah, pandemi sekarang ini membuat banyak orang sadar diri,” ucap Siska yang tetap sibuk meski beberapa waktu ‘puasa’ manggung.

Keseharian Siska penyiar Vedac FM. Ia juga aktivis sosial pendamping ibu-ibu rumah tangga yang berkreasi selama pandemi.

Meski panggung mulai terbuka, Siska tetap was-was. Karena virus corona masih mengintai. “Ikuti protokol kesehatan. Bermasker, selalu bawa hand sanitizier, tidak berjabat tangan. Itu yang bisa kita lakukan. Jaga kondisi tubuh,” pungkasnya. (Latief ENR)

BERITA REKOMENDASI