Sistem Pendidikan, Jadi Kunci Pembangunan SDM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sistem pendidikan menjadi salah satu kunci utama dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Sejumlah program terus dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan hal itu. Di antaranya lewat peningkatan keterampilan (pelatihan) dan program sertifikasi. Kegiatan itu dilakukan selain untuk meningkatkan kualitas SDM juga mewujudkan pemerataan pendidikan.

"Peningkatan kualitas SDM akan bisa diwujudkan apabila terjadi sinergi antara pusat dengan daerah. Untuk itu sejumlah upaya terus kami lakukan, mulai dari mendorong guru agar terlibat aktif dalam karya ilmiah, sampai program sertifikasi guru,"kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Didik Wardaya.

Didik mengungkapkan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu prioritas dimasa kedua pemerintahan Jokowi. Mengingat sistem pendidikan menjadi salah satu kunci utama dalam peningkatan kualitas SDM. Peningkatan kualitas layanan dibidang pendidikan, menjadi salah satu fokus perhatian dari Disdikpora DIY.

"Memang jika dibandingkan dengan daerah lain kualitas SDM di DIY jauh lebih baik. Kendati demikian, kami selalu berupaya agar kualitas tersebut bisa terus ditingkatkan. Dengan begitu, selain pemerataan layanan pendidikan bisa lebih baik, kualitas lulusan yang dihasilkan jadi meningkat," terangnya. (Ria)

BERITA REKOMENDASI