Siswa SD Muh Sapen Juara I Lomba Orasi Pancasila Tingkat Nasional

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Sheva Helwa Syakira, siswa kelas 4 CIMIPA Banu Musa SD Muhammadiyah Sapen berhasil meraih Juara I Lomba Orasi tingkat nasional tahun 2021 kategori pelajar yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam lomba yang digelar secara online itu, Sheva berhasil mengalahkan ratusan pesaingnya.

“Dukungan sekolah dan keluarga sangat luar biasa dan bagi saya itu sangat penting. Orang tua semangat sekali men-share video saya, karena ini lomba nasional. Begitu juga bapak Kepala Sekolah juga semangat share ke guru-guru yang lain,” cerita Sheva kepada KRJOGJA.com, Rabu (11/8/2021).

Lomba orasi tersebut mengangkat tema ‘Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh’ diikuti ribuan peserta dari seluruh penjuru tanah air. Lomba dibagi tiga kategori pelajar, mahasiswa, dan umum. Durasi video orasi tidak lebih dari 5 menit dan harus menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945.

Menurut Sheva, Pancasila sudah terbukti kesaktiannya. Negara lain tidak ada yang menjadikan sejenis Pancasila sebagai dasar negaranya. Semua nilai-nilai masuk ke dalam Pancasila. Pancasila menjadi pemersatu dan landasan berperilaku bagi masyarakat di tengah keberagaman Indonesia.

“Saya mengangkat fenomena lahirnya Pancasila yang harus kita jadikan pedoman bertingkah laku di manapun. Kondisi pandemi ini kita sedang diuji, dan di saat seperti inilah kita patut menerapkan gotong royong yang dilandasi Pancasila,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Sheva, sebagai generasi bangsa, pelajar Indonesia harus memiliki jiwa Pancasila. Yakni dengan mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter kebangsaan dan toleransi dalam mensikapi kehidupan masyarakat di era milenial. “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Bersatulah untuk Indonesia tangguh,” katanya.

BERITA REKOMENDASI