Siswa SD Muh Sokonandi Juara 1 Drone Racing ‘Batu Robotics Week’ di Malang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Siswa SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta kembali menorehkan prestasi membanggakan dibidang drone racing dalam even 'Batu Robotics Week' di Balaikota Amongtani, Jatim Park 3 Malang, Jawa Timur, Minggu (13/10/2019) lalu. Mereka adalah Nashem Halla Gibraltar (Halla) dan Indrastata Jingga Daniswara (Tata) yang masih duduk dikelas 5 SD Muh Sokonandi.

Halla meraih juara 1 dalam Drone Racing kategori Junior, sementara Tata menjadi juara ke 2. Sementara untuk kategori Open yang diikuti peserta umum, giliran Tata tampil menjadi juara 1, dan tampil Halla sebagai juara 3.  

Nashem Halla Gibraltar (Halla)

Dalam balapan drone ini khususnya dikategori Junior mereka berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari tingkat SD dari berbagai daerah. Melalui beragam rintangan dalam sirkuit, diperlukan ketangkasan dan mental bertanding yang kuat untuk menguasai drone dalam kecepatan tinggi.

"Anak-anak ini memang mempunyai minat yang kuat dibidang robotik khususnya dikelas balap, berawal dari ekstra tambahan di sekolah mereka menunjukkan bakat dan kemampuan dalam balap drone. Hal inilah yang kami harapkan untuk mengasah skill, fokus dan mental mereka tentunya diluar pelajaran akademis di sekolah," kata pendamping siswa, Taufiq kepada Kedaulatan Rakyat.

Prestasi kedua siswa ini patut diperhitungkan, sebelum menyabet gelar juara di Malang, mereka juga meraih juara 1 sebagai tim dalam even International Robotic Competition di Malaysia sebulan yang lalu. Di Yogyakarta khususnya, anak-anak ini juga beberapa kali tampil menjadi juara.

 Indrastata Jingga Daniswara (Tata)

"Gelar Juara adalah bonus, yang penting bagi kami sebagai orangtua adalah proses bagaimana mereka melalui step by step yang membutuhkan kemauan, fokus dan kerjakeras sehingga membuahkan hasil maksimal. Ini penting bagi mereka sebagai pijakan sejak dini," tambahnya. (*)

BERITA REKOMENDASI