Siswa SD Muhammadiyah Sapen Juara Silat, Maju Tingkat Nasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Nayla Khairunnisa dan Ahsan Khaitami, siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sapen berhasil maju ke tingkat nasional kejuaraan pencak silat Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), setelah berhasil meraih juara II pada babak penyisihan tingkat Provinsi DIY tahun 2021. Keduanya akan mewakili DIY untuk mengikuti grand final tingkat nasional pada 20-25 September 2021 yang dilakukan secara daring.

Ayu Nirmala, pelatih silat SD Muhammadiyah Sapen mengatakan, Nayla dan Ahsan sudah sering meraih juara lomba pencak silat. Sebelum maju ke tingkat nasional, Nayla dan Ahsan sudah melewati tahapan pertandingan dari tingkat kecamatan hingga provinsi. “Alhamdulillah, berkat kerja keras dan sikap disiplin dalam berlatih, keduanya bisa maju ke babak nasional KOSN,” ungkap Ayu Nirmala, Selasa (21/09/2021).

Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Rohimah SPd mengatakan penyelenggaraan KOSN secara keseluruhan dilaksanakan melalui strategi daring atau online. Adapun cabang olahraga yang dipertadingkan antara lain pencak silat dengan nomor jurus tunggal untuk memperagakan 100 jurus baku yang mengacu pada petunjuk Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Dalam pelaksanaannya secara teknis disusun dengan menyesuaikan mekanisme pertandingan sesuai protokol kesehatan.

Rohimah berharap anak didiknya bisa menunjukkan penampilan terbaiknya dalam ajang olahraga siswa tingkat nasional yang paling bergengsi. Sehingga bisa membawa nama harum sekolah dan DIY di kancah pencak silat nasional. “Semoga Nayla dan Ahsan bisa memberikan kontribusi medali dalam ajang bergengsi pencak silat ini,” tandasnya.

KOSN merupakan bagian dalam pengembangan minat dan bakat di bidang olahraga bagi peserta didik. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud sebagai satuan pendidikan kerja terus berupaya untuk menggali potensi/talenta yang dipunyai bangsa agar lebih aktual, sinergis dan berkontribusi terhadap pecepatan pembangunan secara komprehensif. (Dev)

BERITA REKOMENDASI