Siswa SD Peduli Lingkungan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dengan mengenakan kostum daur ulang, siswa SDN Serayu Yogyakarta pawai mengelilingi lingkungan sekolah, Sabtu (13/08/2016). Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia pada 5 Juni dan Hari Ozon Internasional yang jatuh tanggal 16 September.

Kepala SDN Serayu Kupiyosari SPd mengunkapkan, acara pagi itu diberi nama 'Dari Serayu Kita Ciptakan Generasi Peduli Lingkungan'. Ada 438 siswa yang ikut pawai keliling mengenakan pakaian dari bahan daur ulang dan meneriakkan yel-yel cinta lingkungan. "Ada 36 kelas, dari kelas 1 sampai kelas 6, beserta guru kelas dan orangtua siswa ikut pawai keliling," terangnya.

Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Sabtu 30 Juli 2016 dengan kegiatan Aki Bersama Kepedulian Lingkungan Alam dan Sekolah (Aksi Berkelas). Diantaranya dengan menutup fandalisme dengan cat, membersihkan selokan, mencabut rumput, menyapu dan membersihan sampah di jalan lingkungan sekolah. Kemudian lomba kebersihan kelas 1 – 7 Agustus 2016.

Salah satu siswa peserta pawai dan mengenakan pakaian dari bahan daur ulang, Nadin Oktaviana berpendapat, barang bekas sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Menurut siswi kelas 4 ini daur ulang bisa menghasilkan barang baru yang bisa dimanfaatkan. (War)

BERITA REKOMENDASI