Siswa SMA Muha Tewas Korban Klitih, CCTV Jalanan DIY Harus Diperbanyak

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Muha) Daffa Adzin Albasith meninggal dunia setelah mengalami kekerasan jalanan, Minggu (03/04/2022) dinihari kemarin. Hal tersebut menjadi keprihatinan sekaligus tamparan keras bagi stakeholder DIY, terutama karena terjadi untuk kesekian kali di Kota Pelajar.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana meminta kepolisian untuk segera menemukan pelaku dan memproses hukum seperti seharusnya. Peristiwa kekerasan jalanan terjadi berulang harus menjadi perhatian bersama untuk diambil langkah nyata dan disudahi.

“Miras ilegal dan narkoba harus segera diberantas. Kemudian geng yang mengarah pada aksi ini harus dibubarkan, dipantau para anggotanya dan dibina. Sekolah wajib membina bersama orang tua. Kerjasama orangtua dan sekolah menjadi sangat penting dan harus intens. Komunikasi harus baik untuk menangani masalah ini. Kalau sekolah dan keluarga kesulitan membina, kita bisa kerjasama minta tolong aparat untuk membina,” tegas Huda, Senin (04/04/2022).

Di sisi lain, Huda meminta patroli kepolisian untuk diperbanyak termasuk melibatkan warga. Penerangan jalan juga CCTV harus diperbanyak agar membuat orang yang hendak melakukan aksi kejahatan berpikir seribu kali.

“Penerangan jalan di tempat tempat rawan harus diperbaiki dan juga dipasang kamera CCTV. Diumumkan seluruh tempat di kota dan jalan-jalan tersebut dalam pantauan CCTV sehingga pelaku harus berpikir ulang jika mau beraksi,” tegasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI