Siswa SMK Ciptakan Sepeda Motor Anti Begal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – M Khoirulloh Muharrom, siswa kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor, SMK Diponegoro Depok menciptakan alat yang mampu mematikan motor dari jarak jauh. Alat tersebut dinamakan 'Smagal' yang merupakan singkatan dari Sepeda Motor Anti Begal. Dengan mengirim pesan ke nomor yang tertanam di alatnya, Smagal mampu mematikan sesuai perintah pemiliknya.

Smagal akan terpasang di dalam jok motor. Jika pemilik mengetik ‘OFF’ dari ponsel dan mengirim ke nomor yang ditanam di alat terebut maka motor akan mati dengan sendirinya.

“Setelah kita mengirim perintah tersebut, maka pesan akan masuk ke modem yang berisi kartu perdana dan mikro kontrol bernama Arduino. Kontrol itu akan mengubah perintah pesan menjadi perintah gerak, mengalirkannya ke 'relay' dan 'relay' akan mematikan kelistrikannya,” kata Khoirullohcom saat ditemui dalam Pameran Klinik Sains SMK 2016 di Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (16/09/2016).

Tingkat keberhasilan alat ini terbilang cukup tinggi karena hanya mengandalkan pulsa dan sinyal dari kartu pemilik motor. Selain perintah ‘OFF’, Smagal juga memberikan alternatif untuk menyalakan motor dari jarak jauh dengan pesan ‘ON’. Begitu pesan terkirim otomatis mesin akan menyala malalui starter elektrik.

Dalam pengembangan Smagal, Khoirulloh bersama tiga orang guru dan dua siswa temannya. Kedepannya, Khoirulloh ingin menambahkan sistem Global Positioning System (GPS) dan menambahkan aplikasi Smagal yang bisa diunduh di semua platform. Aplikasi ini diharapkan mampu membantu pelacakan motor-motor yang hilang. (MG-04)

Baca juga : Srisujak, Aplikasi Deteksi Maling Buatan Anak SMK

BERITA REKOMENDASI