Siswa SMK Ikuti Branding Produk Lokal “Kraton Milea”

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Branding produk lokal Kreasi Kuliner Tradisional Oleh Milenial Muda digelar di Hotel The Rich Jogja Jalan Magelang, Selasa (23/11). Kegiatan kolaborasi ini dikordinir Dinas Koperasi UKM DIY dengan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga DIY, Dinas Pariwisata DIY, PHRI DIY dan PT Bank BPD DIY. Pesertanya dari jajaran siswa-siswi SMK wilayah DIY. Mereka berkompetisi dalam olah menu tradisional.  Selain kompetensi dalam olah menu tradisional, para peserta lomba yang lolos seleksi dari Disdikpora DIY akan melakukan pembelajaran olah menu tradisional pada hotel-hotel yang ditunjuk PHRI DIY.  Pembelajaran melalui hotel-hotel ini agar para siswa dapat mengenal dunia kerja dan olah menu tradisional berkualitas.

Acara dibuka Sekda DIY yang diwakili Tri Saktiana MSi. Dilanjutkan Talkshow yang menghadirkan Ir Srie Nurkyatsiwi MMA (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY), Didik Wardaya SE MPd (Kepala Disdikpora DIY), Singgih Raharjo (Dinas Pariwisata), Martoyo (Pemilik Bale Raos) dan Heryadi Baiin (PHRI DIY).

Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus sebagai media promosi produk kuliner yang dihasilkan para milenial muda dalam konteks siswa SMK.  Kreasi siswa SMK setelah magang atau prakerja satu minggu di hotel-hotel yang ditunjuk, merupakan skema pembelajaran efektif dalam menumbuhkembangkan jiwa enterprenerspirit.  Dukungan para pihak termasuk PHRI, merupakan bukti bahwa kolaborasi pentahelix sudah menjadi kebutuhan mendorong tumbuh kembangnya jiwa wirausaha melalui spirit budaya. Branding produk lokal kuliner khas yang terpinggirkan ini dimaksudkan untuk mengenalkan spirit wirausaha tentang kuliner tradisional lokal dengan kemasan yang menarik dan kekinian.

Menurut Srie Nurkyatsiwi, kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan produk-produk kuliner khas Yogya yang terpinggirkan, memberikan edukasi tentang potensi usaha bagi para siswa-siswi SMK di wilayah DIY, mengenalkan kembali produk unggulan kuliner tradisional kepada masyarakat luas serta memberikan edukasi tentang potensi usaha kepada para siswa-siswi SMK di wilayah DIY.

Fokus sasaran kegiatan “Kraton Milea” ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah DIY.  “Masing-masing SMK yang terpilih mengirimkan lima siswa atau siswi sebagai peserta lomba. Hadiah Kategori A Juara 1 Piala Gubernur DIY dan uang pembinaan Rp 15 juta. Juara 2 uang pembinaan Rp 12,5 juta, juara 3 uang pembinaan Rp 10 juta. Hadiah Kategori B, Juara 1 Piala Gubernur DIY dan uang pembinaan Rp 15 juta, juara 2 uang pembinaan Rp 12,5 juta, juara 3 uang pembinaan Rp 10 juta,” papar Siwi.

SMK yang turut serta merupakan hasil seleksi atau pemilihan melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, yang disampaikan ke Diskop UKM DIY. Masing-masing mengirimkan lima peserta. Diantaranya SMKN 1 Pandak Bantul, SMKN 1 Cangkringan, Sleman, SMKN 2 Godean Sleman, SMKN 1 Kalasan, Sleman, SMKN 6 Yogyakarta, SMKN 4 Yogyakarta, SMK BOPKRI 2 Yogyakarta, SMKN 1 Sewon Bantul, SMK Muhammadiyah Piyungan Bantul, SMK Ma’arif 2 Sleman, SMKN 1 Saptosari Gunungkidul dan SMKN 3 Wonosari Gunungkidul.

BERITA REKOMENDASI