Skrining Masuk DIY, Dishub Siapkan Pemeriksaan Sejumlah Titik Simpul

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DIY bersama Dishub Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) tengah mempersiapkan Standard Operating Procedure (SOP) atau panduan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan semua moda angkutan maupun multi moda yang masuk wilayah DIY. Pemeriksaan di sejumlah titik simpul tersebut guna membantu dan mengkampanyekan agar masuk DIY tetap diskrining, apabila DIY sudah dibuka nantinya.

“Kita kalau siap maka harus siap semua. Begitu semua penyekatan beberapa dan destinasi wisata sudah dibuka bertahap, maka semuanya harus mengantongi sertifikat Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment (Ramah lingkungan) atau CHSE dan sudah vaksin. Kami akan membantu di titik-titik simpul untuk melakukan pemeriksaan bagi semua pengguna angkutan umum maupun bus pariwisata maupun multi moda yang masuk ke DIY,” papar Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti kepada KR di Yogyakarta, Rabu (11/8).

Made mengatakan pihaknya bersama stakeholder tengah berproses mematangkan SOP tersebut sebagai pedoman dalam melakukan pemeriksaan di beberapa titik simpul masuk ke DIY kedepannya. Kesiapan Dishub DIY ini guna mengimbangi apabila penyekatan ruas jalan maupun destinasi wisata di DIY sudah mulai dibuka secara bertahap oleh pemerintah nantinya. Jika masuk ke DIY dari arah Barat, Timur maupun Utara akan ada titik simpul yang dipersiapkan untuk pemeriksaan seperti terminal, tempat parkir maupun jembatan timbang.

“Ketika wisatawan sudah diperkenankan masuk ke Yogyakarta, takutnya kasus terkonfirmasi Covid-19 tinggi lagi jika tidak dilakukan pemeriksaan sertifikasi tersebut. Peraturan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan umum tetap menyesuaikan dengan pusat, terutama bagi pelaku perjalanan yang menggunakan moda angkutan udara maupun kereta api,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI