SMA Muha Yogya Pioner Sekolah Berkemajuan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta ditetapkan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai Pioner Sekolah Berkemajuan. Selain SMA Muha ada tiga sekolah lain di Yogyakarta yang juga ditetapkan sebagai Pioner Sekolah Berkemajuan yakni Madrasah Mualimin Muhammadiyah, Madrasah Mualimat Muhammadiyah dan SMA Muhammadiyah 1 (Muhi).

Kepala SMA Muha Yogya, Slamet Purwo mengatakan, ada sejumlah paramater untuk ditetapkan sebagai pioner sekolah berkemajuan. Salah satu yang utama, sekolah itu harus memfasilitasi anak-anak yang punya potensi di bidang akademis dan nonakademis untuk dikembangkan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. "Dari parameter-parameter yang ditetapkan, kami (SMA Muha) memenuhi," terang Slamet di Kampus SMA Muha, Senin (9/12/2019).

Menurut Slamet, salah satu fasilitas yang dimiliki SMA Muha adalah metode belajar jarak jauh memanfaatkan teknologi teleconference. Pertengahan pekan kemarin, SMA Muha menjadi satu dari 12 lembaga pendidikan di Muhammadiyah seluruh Indonesia yang melakukan teleconference secara bersama-sama. SMA Muha sendiri telah menggunakan teleconference sebagai salah satu media pembelajaran sejak 2008.

"Banyak manfaat yang dirasakan secara langsung lantaran bisa berkomunikasi dengan pihak-pihak berkompeten. Kami pernah belajar soal peningkatan kualitas akademik, soal kebencanaan lewat teleconference. Kebetulan sudah ada ruangan khusus untuk fasilitas itu," tuturnya.

Dalam teleconference tersebut, Kasiyarno sebagai wakil dari Pimpinan Pusat Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah menjelaskan, teleconfernce dilakukan untuk mendukung pembelajaran dengan memanfaafkan teknologi. "Teleconference ini diadakan secara rutin menghadirkan pembicara berkompeten," katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI