SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Gelar Monaco 1

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Bersamaan dengan perayaan milad ke-67, SMA Muhamamdiyah 1 (Muhi) Yogyakarta menggelar Moehi National Competition (Monaco) 2016 selama dua hari, Rabu (14/9) dan Kamis (15/9). Lomba terbuka untuk umum, siswa SLTP dan SLTA.

"Ada 15 cabang lomba baik akademis, keagamaan, seni maupun olahraga, dan juga lingkungan atau alam," terang Kepala SMA Muhammadiyah 1 Tri Ismu Husnan Purwono SH MM usai acara pembukaan, Rabu (14/9). Lomba tersebut antara lain Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika, Hiragana Katakana, Roduku, Band. Vocal, Lintas Alam, Musabaqah Hifdzil Quran, Short Movie, Fotografi, Cerdas Cermat Islami dan Nasyid. Juara umum mendapat trophi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tropi lain berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Tri Ismu merasa berbesar hati karena kegiatan tersebut mendapat dukungan dari PP Muhammadiyah dan PW Muhammadiyah DIY. Dirinya berharap, kegiatan itu bisa berlangsung rutin setiap tahun. Penyelenggaraan yang pertama ini pesertanya sekitar 600 siswa berasal dari seluruh Indonesia. Siswa SMA Muhammadiyah 1 sendiri berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Panitia pelaksana semuanya siswa, guru hanya mendampingi. Semua lomba di lingkungan sekolah kecuali lintas alam berada di Turgo lereng Merapi Sleman.

Pembuat soal tim yang terdiri dari guru, akademisi dan praktisi dari luar serta siswa. Demikian pula dengan dewan juri. Peserta lomba umum dari berbagai daerah dan lintas agama. Acara dibuka oleh staf ahli Walikota Yogyakarta Bejo Suwarno SH MM. (War)

BERITA REKOMENDASI