SMP Joannes Bosco Peduli Bahasa dan Sastra

Editor: Agus Sigit

YOGYA KRjogja.com – Bulan Oktober merupakan bulan bahasa dan bulan literasi. Sebagai bentuk kepedulian akan bahasa, budaya dan sastra SMP Joannes Bosco Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Joannes Bosco School (JBS) Belajar, Sabtu (2/10/21). Kegiatan belajar menulis Sastra Jawa dipandu oleh novelis Margareth Widhy Pratiwi, yang merupakan pegiat Sastra Jawa dan Kepala PAUD Sanggar Anak Alam, Nitiprayan Bantul.

Demikian penjelasan Kepala SMP Joannes Bosco Yogyakarta Asterin Saptiyani SPd. JBS Belajar menulis geguritan dengan peserta 51 siswa dari SD Joannes Bosco, SD Kanisius Sengkan, SD Katolik Sang Timur, SD Negeri Niten dan SD Kanisius Demangan Baru. Seluruh peserta antusias mengikuti pembelajaran ini. Banyak bertanya untuk penyempurnaan geguritan. Kesulitan terbesar dari peserta adalah pemilihan kata yang tepat yang di tuliskan dalam setiap geguritan yang di susun. Hasilnya akan dibuat antologi geguritan. Kegiatan berlangsung secara daring.

Widhi antusias mendampingi seluruh siswa, sabar membantu peserta menentukan pilihan kata yang sesuai dengan tema geguritan yang dipilih masing – masing. Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize bagi peserta yang aktif bertanya dan memberi respon, ada beberapa jumlah voucher pulsa dan bingkisan alat tulis yang diselenggarakan oleh panitia.

Selain kegiatan JBS menulis SMP Joannes Bosco juga mengadakan try out secara daring bagi siswa kelas VI dengan peserta 85 anak dari SD Joannes Bosco, SD Kanisius Demangan Baru, SD Kanisius Sengkan, SD Kanisius Sorowajan, SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Kalasan, SD Kanisius Babadan, SDN Gedongkiwo,dan SD Kristen Manahan . Siswa kelas VI ini melaksanakan try out dari soal Assesmen Daerah tahun lalu. Kemudian menyaksikan video pembahasan soal dan pengumuman hasil. Bagi 20 hasil terbaik mendapatkan hadiah berupa voucher pulsa dan uang pembinaan.(War)

 

BERITA REKOMENDASI