SMP Negeri 12 Yogya Grebeg Sinau dan Resmikan Bengkel Visi Club

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – SMP Negeri 12 Yogyakarta menggelar acara Grebeg Sinau dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya ke 43 tahun, Kamis (02/09). Kegiatan juga diisi peresmian Bengkel Visi Club, sebagai wadah untuk merancang inovasi siswa-siswi serta guru SMP Negeri 12 Yogyakarta oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA mengakui inovasi yang dibuat oleh siswa-siswi SMP Negeri 12 Yogyakarta telah membawa nama harum sekolah melalui prestasi kejuaran tingkat daerah maupun tingkat internasional.

“Harapannya terus menjadi SMP terbaik dan terdepan di Wilayah Yogyakarta. Kemudian terus bisa meraih prestasi dan terus mengantarkan anak didiknya dalam memperoleh ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Perlu diingat juga bahwasannya sekolah atau lingkungan pendidikan itu tidak akan bisa menjadi maju, tidak bisa menjadi terbaik kalau tidak mampu mengembangkan karakternya karena karakter menjadi citra dari sekolah itu sendiri. Oleh karena itu selalu kembangkan karakter siswa-siswi agar tercipta citra yang baik,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Yogyakarta menyampaikan salah satu yang menjadi keunggulan sekolahnya dibanding sekolah lain. Menurutnya pembelajaran yang disuguhkan di SMP Negeri 12 Yogykarta dinilai tidak monoton karena dilengkapi dengan proyek yang melibatkan siswa-siswi untuk berkreasi membuat inovasi. Hal tersebut dicanangkan agar kolaborasi tercipta antara siswa-siswi dan guru dan sebagai bentuk sekolah memberikan wadah pengembangan bakat dan minat bagi siswa-siswi.

“SMP kami sampai sekarang ini telah menciptakan beberapa inovasi yang relevan dengan permasalahan yang ada pada saat ini, diantaranya adalah pengecek suhu, tempat cuci tangan dan pengering tangan. Semua itu dengan sistem otomatis tidak dengan disentuh tangan. Kemudian ada face shield yang dilengkapi pengukur suhu badan dan noise yang berfungsi memberikan peringatan apabila suasana perpustakaan ramai. Baru-baru ini juga kami membuat inovasi baru yaitu situs booking parkir wilayah Yogyakarta secara online,” jelasnya.

Baca juga: Prihatin Parkir “Nuthuk” Hingga Rp 20 Ribu, Siswa SMPN 12 Inovasikan MAMPIR

Salah satu orang tua siswi SMP Negeri 12 Yogyakarta, Bambang menyampaikan kolaborasi yang diciptakan tidak hanya terjalin antara siswa-siswi dengan guru namun berlaku juga antara guru dengan orang tua. Disampaikan bahwa sebelum siswa siswi diterjunkan dalam proyek inovasi baru, anak didampingi untuk terbiasa melihat permasalahan. Kemudian dari permasalahan yang ada, siswa-siswi dan guru berkolaborasi untuk mencari solusi melalui pembuatan inovasi.

Shahara Imara Id’ha
(Mahasiswi Komunikasi dan Konseling Islam – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

BERITA REKOMENDASI